Mohon tunggu...
Sendi Suwantoro
Sendi Suwantoro Mohon Tunggu... Mahasiswa - Ketua SEMA FTIK IAIN Ponorogo 2023/2024

Jangan pernah meremehkan orang walaupun bersalah jangan memandang diri sendiri ketika punya kelebihan

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Review Wisata Cemoro Kandang, Destinasi Terbaik untuk Menikmati Sunrise di Gunung Lawu

26 Desember 2023   13:55 Diperbarui: 26 Desember 2023   14:15 205
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
 https://travel.detik.com/domestic-destination/d-5045163/11-destinasi-wisata-di-tawangmangu-bagian-ii

Beberapa waktu lalu, saya berkesempatan untuk mengunjungi Cemoro Kandang, salah satu destinasi wisata alam yang populer di Jawa Tengah. Cemoro Kandang terletak di atas gunung lawu. Tempat wisata ini berada di ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut (dpl), sehingga udara di sekitar tempat wisata ini terasa sejuk dan segar.

Saya mengunjungi Cemoro Kandang pada hari Minggu pagi. Tujuan saya adalah untuk menikmati sunrise di puncak Gunung Lawu. Saya berangkat dari Ponorogo pada pukul 04.00 WIB dan tiba di Cemoro Kandang sekitar pukul 06.00 WIB.

Saat tiba di Cemoro Kandang, saya langsung menuju ke pos pendakian. Dari pos pendakian, saya berjalan kaki untuk sampai ke puncak Gunung Lawu. Sepanjang perjalanan, saya disuguhkan dengan pemandangan yang indah, mulai dari hamparan ladang sayuran, hutan pinus, hingga puncak Gunung Lawu yang tertutup kabut.

Setelah sampai di puncak Gunung Lawu, saya langsung mencari tempat yang strategis untuk menikmati sunrise. Saya menemukan sebuah batu besar yang cocok untuk dijadikan tempat bersantai. Saya lalu duduk di batu besar tersebut dan menunggu matahari terbit.

Tak lama kemudian, matahari mulai menampakkan diri dari balik kabut. Pemandangan sunrise di puncak Gunung Lawu sangatlah indah dan memukau. Saya merasa sangat bersyukur bisa menyaksikan momen yang tak terlupakan tersebut.

Setelah menikmati sunrise, saya kembali ke pos pendakian. Saya lalu beristirahat sejenak di warung-warung yang ada di sekitar pos pendakian. Saya memesan segelas kopi panas untuk menghangatkan tubuh.

Setelah beristirahat, saya kembali ke Ponorogo. Saya merasa sangat puas dengan pengalaman berwisata di Cemoro Kandang. Tempat wisata ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menikmati keindahan alam dan udara yang sejuk.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk berwisata ke Cemoro Kandang:

  • Kunjungi Cemoro Kandang pada pagi hari. Pada pagi hari, Anda bisa menikmati sunrise tanpa terhalang kabut.
  • Kenakan pakaian yang nyaman dan hangat. Udara di sekitar tempat wisata ini terasa sejuk dan dingin, terutama pada malam hari.
  • Membawa perlengkapan yang diperlukan, seperti kamera, obat-obatan, dan uang tunai.

Semoga review saya ini bisa membantu Anda yang berencana untuk berwisata ke Cemoro Kandang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun