Mohon tunggu...
Sendi Suwantoro
Sendi Suwantoro Mohon Tunggu... Mahasiswa - Ketua SEMA FTIK IAIN Ponorogo 2023/2024

Jangan pernah meremehkan orang walaupun bersalah jangan memandang diri sendiri ketika punya kelebihan

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Lawang Sewu Misteri dan Pesona di Kota Semarang

22 Desember 2023   08:18 Diperbarui: 6 Januari 2024   08:07 204
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
 spot dan objek foto menarik di lawang sewu semarang (https://travel.tempo.co)

Lawang Sewu merupakan salah satu bangunan bersejarah yang terletak di Kota Semarang, Jawa Tengah. Bangunan ini dibangun pada tahun 1904 oleh perusahaan kereta api Belanda, Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS). Lawang Sewu memiliki nama yang berarti "seribu pintu".

Pada suatu hari, saya berkesempatan untuk mengunjungi Lawang Sewu. Saya tiba di Lawang Sewu pada siang hari, dan langsung disambut oleh petugas yang ramah. Saya pun membeli tiket masuk dan masuk ke dalam bangunan tersebut.

Saat pertama kali masuk, saya langsung disambut oleh pemandangan yang indah. Bangunan Lawang Sewu memiliki arsitektur yang unik dan megah. Saya pun mulai berjalan-jalan di dalam bangunan tersebut, sambil melihat-lihat berbagai macam ruangan.

Di dalam Lawang Sewu, saya melihat berbagai macam dokumen dan foto-foto sejarah. Dokumen-dokumen tersebut menceritakan tentang sejarah Lawang Sewu dan sejarah Indonesia pada masa penjajahan Belanda. Foto-foto tersebut juga menggambarkan kehidupan masyarakat Indonesia pada masa itu.

Saya juga melihat berbagai macam ruangan yang memiliki fungsi berbeda-beda. Ada ruangan yang digunakan sebagai kantor, ada ruangan yang digunakan sebagai ruang pertemuan, dan ada juga ruangan yang digunakan sebagai ruang penyimpanan.

Salah satu ruangan yang paling menarik perhatian saya adalah ruangan bawah tanah. Ruangan bawah tanah tersebut memiliki suasana yang gelap dan misterius. Di ruangan tersebut, saya melihat berbagai macam alat penyiksaan yang digunakan oleh tentara Jepang saat Perang Dunia II.

Saya pun merasa sangat beruntung bisa mengunjungi Lawang Sewu. Saya merasa seperti belajar tentang sejarah dan budaya Indonesia secara langsung. Saya juga merasa seperti diajak untuk bernostalgia ke masa lalu.

Tips Berkunjung di Lawang Sewu 

Jika Anda ingin berkunjung ke Lawang Sewu, sebaiknya datanglah pada pagi hari. Pada siang hari, cuaca di Lawang Sewu bisa sangat panas.

Bawalah perbekalan sendiri, seperti makanan dan minuman, karena di sekitar Lawang Sewu tidak banyak tempat makan.

Berhati-hatilah saat berjalan-jalan di dalam Lawang Sewu, karena ada beberapa ruangan yang memiliki tangga yang curam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun