Mohon tunggu...
Sendi Suwantoro
Sendi Suwantoro Mohon Tunggu... Mahasiswa - Ketua SEMA FTIK IAIN Ponorogo 2023/2024

Jangan pernah meremehkan orang walaupun bersalah jangan memandang diri sendiri ketika punya kelebihan

Selanjutnya

Tutup

Book Pilihan

Novel "Perpustakaan Malam", Refleksi tentang Arti Kehidupan

21 Desember 2023   07:54 Diperbarui: 21 Desember 2023   08:05 254
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
resensi novel the midnight library (https://wawasanproklamator.com)

Perpustakaan Tengah Malam, karya Matt Haig, diterbitkan pada tahun 2020 dan menjadi bestseller di lebih dari 40 bahasa.

Novel ini mengisahkan tentang Nora Seed, seorang wanita berusia 35 tahun yang merasa hidupnya tidak memiliki makna. Nora percaya bahwa dia tidak bahagia dengan jalan hidupnya dan telah membuat keputusan yang salah. Nora memutuskan untuk mengakhiri hidupnya pada suatu malam. Namun, sebelum dia dapat melakukannya, dia tiba-tiba berada di sebuah perpustakaan yang penuh dengan misteri. Setiap buku yang menceritakan berbagai pilihan hidup yang bisa dicoba Nora ada di perpustakaan ini.

Nora memiliki kesempatan untuk melihat setiap buku dan melihat bagaimana hidupnya akan berubah jika dia membuat pilihan yang berbeda. Dalam setiap buku, dia bertemu dengan orang-orang yang berbeda dan mengalami berbagai peristiwa. Nora mulai belajar tentang arti kehidupan dan pentingnya menghargai setiap saat selama perjalanannya di perpustakaan.

Keuntungan Novel

Ada beberapa keuntungan dari novel Library at Night:

  • Plot buku ini menarik dan mengejutkan. Di awal novel, Nora ingin bunuh diri dan tiba-tiba berada di perpustakaan misterius. Hal ini membuat pembaca ingin tahu apa yang akan terjadi selanjutnya.
  • Pesan yang mendalam tentang arti kehidupan diberikan dalam novel ini. Novel ini mengajarkan kita untuk menghargai setiap saat dan tidak menyesali keputusan yang kita buat.
  • Banyak orang mengenali karakter Nora Seed. Nora adalah seorang wanita biasa yang merasa hidupnya tidak penting. Ada banyak orang yang pernah mengalami perasaan yang sama.

Kekurangan buku

Selain itu, novel Perpustakaan Tengah Malam memiliki beberapa kekurangan:

  • Jalan yang lambat Novel ini beberapa kali agak lambat. Ini karena banyaknya detail yang diceritakan dalam novel ini.
  • Akhir novel yang tidak jelas Novel ini tidak menjawab apa yang akan terjadi pada Nora setelah meninggalkan perpustakaan.

Secara keseluruhan, Perpustakaan Tengah Malam adalah novel yang bagus dan layak dibaca. Itu memiliki plot yang menarik, pesan yang mendalam, dan karakter yang menarik, dan cocok dibaca oleh mereka yang sedang mencari makna dalam hidup.

Salah satu hal yang dapat kita petik dari novel Perpustakaan Tengah Malam adalah:

  • Hidup adalah pilihan Semua orang memiliki kesempatan untuk memilih jalan hidup mereka sendiri. Kita bisa memilih untuk hidup dengan kebahagiaan atau kesedihan, atau kita bisa memilih untuk menyerah. Pilihan yang kita buat akan menentukan jalan hidup kita.
  • Jangan menyesali keputusan yang telah kita buat; setiap keputusan memiliki konsekuensi. Kita tidak perlu menyesali pilihan yang telah kita buat, bagaimanapun. Setiap keputusan yang kita buat telah membentuk karakter kita saat ini.
  • Hidup adalah singkat, dan kita tidak tahu berapa lama kita akan hidup, jadi kita harus menghargai setiap saat yang ada, bersyukur atas apa yang kita miliki, dan menjalani hidup dengan sebaik-baiknya.

Novel Perpustakaan Tengah Malam sangat inspiratif dan menggugah. Novel ini akan membuat kita berpikir ulang tentang apa arti hidup dan pentingnya menghargai setiap saat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun