Mohon tunggu...
selvi amalia putri
selvi amalia putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - selvi amalia putri

bismillah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Mari Kita Pahami Penjelasan Singkat 4 Komponen Bauran Pemasaran

26 Desember 2021   21:09 Diperbarui: 26 Desember 2021   21:11 356
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Dalam pelajaran sebelumnya, Anda telah mempelajari bahwa pemasaran mengidentifikasi kebutuhan dan persediaan konsumen berbagai barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan tersebut secara efektif. Jadi pengusaha perlu: (a) memproduksi atau membuat produk sesuai dengan kebutuhan konsumen; (B)menyediakannya dengan harga yang dianggap wajar oleh konsumen; (c) memasok produk kekonsumen di berbagai gerai yang dapat mereka dekati dengan mudah; dan (d) menginformasikan kepada konsumen tentang produk dan karakteristiknya melalui media yang mereka akses.

Jadi manajer pemasaran berkonsentrasi pada empat bidang keputusan utama saat merencanakan kegiatan pemasaran, yaitu (i) produk, (ii) harga, (iii) tempat (distribusi) dan(iv) promosi. 4 'P ini disebut sebagai elemen pemasaran dan bersama-sama mereka membentuk bauran pemasaran. Semua ini saling terkait karena keputusan dalam satu area mempengaruhi keputusan di daerah lain. Dalam pelajaran ini Anda akan belajar tentang aspek-aspek dasar yang berkaitan dengan 4'P ini yaitu, produk, harga, tempat dan promosi.

Pemasaran melibatkan sejumlah kegiatan. Untuk memulainya, sebuah organisasi dapat memutuskan kelompok sasaran pelanggan yang akan dilayani. Setelah kelompok sasaran diputuskan, produk ditempatkan di pasar dengan menyediakan produk, harga, distribusi dan upaya promosi. Ini harus digabungkan atau dicampur dalam proporsi yang sesuai sehingga untuk mencapai tujuan pemasaran. Campuran seperti produk, harga, distribusi dan promosi upaya yang dikenal sebagai 'Bauran Pemasaran'.

Menurut Philip Kotler "Bauran Pemasaran adalah seperangkat variabel yang dapat dikendalikan yang perusahaan dapat digunakan untuk mempengaruhi tanggapan pembeli". Variabel yang dapat dikontrol dalam konteks ini merujuk ke 4 'P [produk, harga, tempat (distribusi) dan promosi]. Setiap perusahaan berusaha untuk membangun komposisi 4'P seperti itu, yang dapat menciptakan tingkat kepuasan konsumen tertinggi dan pada saat yang sama memenuhi tujuan organisasinya. Jadi, campuran ini dirakit menjaga mempertimbangkan kebutuhan pelanggan sasaran, dan itu bervariasi dari satu organisasi ke organisasi lainnya tergantung pada sumber daya yang tersedia dan tujuan pemasaran. Mari kita pahami penjelasan singkat gagasan tentang empat komponen bauran pemasaran.

  • Produk : Produk mengacu pada barang dan jasa yang ditawarkan oleh organisasi. Sepasang sepatu, sepiring dahi-vada, lipstik, semuanya adalah produk. Semua ini dibeli karena mereka memenuhi satu atau lebih kebutuhan kita. Kami membayar bukan untuk produk nyata tetapi untuk manfaat yang akan diberikannya. Jadi, dengan kata sederhana, produk dapat digambarkan sebagai kumpulan dari manfaat yang ditawarkan pemasar kepada konsumen dengan harga tertentu. Saat membeli sepasang sepatu, kita sebenarnya membeli kenyamanan untuk kaki kita, saat membeli lipstik kita sebenarnya membayar untuk kecantikan karena lipstik cenderung membuat kita terlihat bagus. Produk juga dapat mengambil bentuk jasa seperti perjalanan udara, telekomunikasi, dll. Jadi, istilah produk mengacu pada barang dan jasa yang ditawarkan oleh organisasi untuk dijual.
  • Harga: Harga adalah jumlah yang dibebankan untuk suatu produk atau layanan. Ini adalah yang paling penting kedua elemen dalam bauran pemasaran. Menetapkan harga produk adalah pekerjaan yang rumit. Banyak faktor seperti permintaan akan suatu produk, biaya yang terlibat, kemampuan konsumen untuk membayar, harga yang dibebankan oleh pesaing untuk produk serupa, pembatasan pemerintah, dll. harus diingat sambil menentukan harga. Faktanya, penetapan harga adalah area keputusan yang sangat penting karena memiliki efek pada permintaan untuk produk dan juga pada profitabilitas perusahaan.
  • Tempat : Barang diproduksi untuk dijual kepada konsumen. Mereka harus tersedia untuk konsumen di tempat di mana mereka dapat dengan mudah melakukan pembelian. Wol adalah diproduksi dalam skala besar di Ludhiana dan Anda membelinya di toko dari pasar terdekat di kota Anda. Jadi, produk tersebut perlu tersedia di toko-toko di kotamu. Ini melibatkan rantai individu dan institusi seperti distributor, grosir dan pengecer yang merupakan jaringan distribusi perusahaan (juga disebut saluran distribusi). Organisasi harus memutuskan apakah akan menjual langsung ke pengecer atau melalui distributor/grosir dll. Bahkan bisa berencana untuk menjualnya langsung ke konsumen. Pilihannya adalah dipandu oleh sejumlah faktor yang akan Anda pelajari nanti dalam bab ini.
  • Promosi: Jika produk dibuat dengan mempertimbangkan kebutuhan konsumen, adalah benar harga dan tersedia di gerai yang nyaman bagi mereka tetapi konsumen tidak dibuat mengetahui tentang harga, fitur, ketersediaan, dll, upaya pemasarannya mungkin tidak berhasil. Oleh karena itu, promosi merupakan tidak penting dari bauran pemasaran karena mengacu pada suatu proses membujuk dan mempengaruhi konsumen untuk membuat pilihan produk yang akan dibeli. Promosi dilakukan melalui sarana penjualan pribadi, periklanan, publisitas dan promosi penjualan. Hal ini dilakukan terutama dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada calonkonsumen tentang ketersediaan, karakteristik dan kegunaan suatu produk. Ini membangkitkan potensi minat konsumen terhadap produk tersebut, membandingkannya dengan produk pesaing dan pilihan. Proliferasi media cetak dan elektronik sangat membantu proses tersebut dari promosi.

Dalam rangka sebagai tugas UAS Mk MPS dg Dosen Pengampu Dr. H. Syaeful Bahri, S.Ag, MM.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun