Oleh : Â Selita Pasaribu(1) dan Junianto(2)
- Mahasiswa Program Studi Perikanan Unpad
- Dosen Program Studi Perikanan Unpad
Nuggget merupakan salah satu produk olahan beku siap saji yang terbuat dari bahan dasar daging giling kemudian ditambahkan tepung sebagai perekat, dibentuk menjadi potongan-potongan kecil yang dilapisi dengan tepung berbumbu.  Daging giling sebagai bahan dasar dapat berupa  daging ayam, sapi, maupun daging ikan. Penggunaan daging ikan untuk bahan nugget memiliki banyak kelebihan dari daging lainnya yaitu mudah dicernak, kandungan protein lebih tinggi dan juga mengandung Omega-3 yang sangat baik untuk Kesehatan.Â
Daging ikan yang digunakan dalam pembuatan nugget bisa dari jenis ikan laut seperti tenggiri atau ikan air tawar seperti ikan nila. Â Industri nugget ikan di Indonesia sudah dikenal lama, mulai dari industry rumah tangga hingga industry berskala menengah. Â Industri nugget ikan ini dapat meningkatkan nilai tambah dari ikan itu sendiri.Â
Upaya untuk meningkatkan kerberlanjutan usaha industry nugget ikan adalah perlu memperhatikan kebutuhan konsumen akan nugget ikan. Kebutuhan konsumen akan produk merupakan keinginan seseorang akan barang yang ditawarkan oleh penjual secara berkesinambungan, Sebagian besar konsumen menyukai nugget  yang berbahan dasar ikan nila karena cita rasa dari nugget ikan nila lebih enak dan bau amis tidak terasa.Â
Upaya lainnya adalah perlu adanya segmentasi pasar.  Segmentasi pasar merupakan proses membagi sebuah pasar ke segmen atau  kelompok-kelompok yang bermakna, relatif sama dan dapat diidentikasikan (Hasnibar 2015), dapat dikatakan segmentasi pasar merupakan strategi dari pemasaran dengan cara mengelompokkan pembeli yang pemenuhan kebutuhannya sesuai dengan kemampuan penjual.Â
Segmentasi pasar nugget ikan dikelompokan menjadi kalangan anak muda dan ibu rumah tangga, dua kelompok ini merupakan persentse konsumen yang memiliki peranan penting dalam pembelian produk nugget ikan karena kalangan anak muda lebih menyukai segala sesuatau yang praktis.Â
Sedangkan ibu rumah tangga khususnya ibu rumah tangga yang masih memiliki anak akan memilih produk ini karena merupakan salah satu solusi untuk memberi asupan gizi yang berasal dari ikan namun dalam bentuk olahan yang lebih menarik dan sudah tidak berbau amis dan tidak berduri, sehingga anak akan menyukai makan ikan.Â
Selain itu, dengan kondisi pandemik tahun ini banyak masyarakat yang lebih memilih makanan siap saji dan terjamin kebersihannya. Tetapi segmentasi pasar ini tidak bersifat permanen, jika dianalisis pada waktu berikutnya dan terjadi perubahan pembeli yang lebih dominan maka segemntasi pasar akan bergeser mengikuti permintaan pasar.
Selanjutnya upaya yang tidak kalah pentingnya adalah perlu adanya  inovasi terhadap produk nugget ikan.  Inovasi dapat dilakukan dari segi bentuk, warna, rasa dan kemasan.  Bentuk nugget selain segi empat dan silender juga perlu ada bentuk "love, bintang, atau bulat".  Begitu juga dengan warna, warna pink perlu dicoba juga.
Promosi merupakan salah satu hal yang penting untuk menawarkan produk agar menarik calon konsumen untuk membeli produk. Promosi yang saat ini perlu dilakukan adalah dengan media on-line.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H