Mohon tunggu...
Seliara
Seliara Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Dentist

Bahagia berkarya dan berbagi sebagai wujud rasa syukur

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

5 Langkah Mudah Belajar Kimia dari Medalist OSN

27 Juni 2021   22:19 Diperbarui: 28 Juni 2021   00:53 2834
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Belajar kimia (Sumber: FREEPIK/PRESSFOTO)

Kimia adalah mata pelajaran yang tak asing bagi saya. Bukan karena saya jago kimia, sama sekali bukan. 

Saat SMA saya lemah di 3 pelajaran yaitu fisika, matematika dan kimia. Saat itu saya justru lebih tertarik dengan biologi, karena saya bercita-cita menjadi seorang dokter, hehehe alasan.

Dan ternyata saya salah besar, saat kuliah di kedokteran, kimia sangat dibutuhkan, terutama untuk mata kuliah biokimia (ilmu faal) dan farmakologi. Sebenarnya ilmu kimia juga banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hati.

Nah dari seorang ibu yang lemah di mata pelajaran kimia, entah keajaiban dari mana, kedua anak saya sangat menyukai kimia. Benar-benar aneh bin ajaib.

Si kakak saat SMA sering mengikuti lomba kimia dan memperoleh medali perunggu di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) di Palembang tahun 2016.

Ilustrasi anak saya saat meraih medali perunggu OSN Kimia di Palembang tahun 2016 (Dokumentasi Pribadi)
Ilustrasi anak saya saat meraih medali perunggu OSN Kimia di Palembang tahun 2016 (Dokumentasi Pribadi)
Si adik juga sering ikut lomba kimia. Saat mengikuti ujian Cambridge A level mata pelajaran kimia, ia mendapat nilai A.

Tulisan ini sama sekali bukan untuk menyombongkan diri atau pamer, sama sekali bukan. 

Saya tahu masih banyak anak-anak yang jauh lebih pintar dan berbakat. Saya hanya ingin berbagi pengalaman.  

Kebetulan topik pilihan Kompasiana bulan Juni ada yang membahas tentang kimia dan tabel periodik, jadi saya ingin berpartisipasi dengan menulis pengalaman cara anak-anak saya belajar kimia, hingga akhirnya mereka sangat menyukai mata pelajaran itu. Semoga bermanfaat.

5 Langkah Mudah Belajar Kimia SMA

Ilustrasi kunci belajar kimia (Sumber: Urip.com)
Ilustrasi kunci belajar kimia (Sumber: Urip.com)
Kimia memang bukan mata pelajaran yang mudah, tapi bukan berarti tak bisa dipelajari. 

Berikut ini 5 langkah mudah belajar kimia tingkat SMA. Selamat menyimak.

1. Belajar Materi dari Dasar dan Berurutan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun