Sekarang kita telah memasuki era baru; era informasi. Mereka yang menguasai informasi, dapat memenangkan pertempuran :)
Pertempuran apa sih yang sekarang lagi ramai ? Oh iya, tentang pilkada Jakarta ya ?
Baru-baru ini, pada heboh tentang pencarian soal "hasil kerja Foke" menjadi "hasil kerja Ahok". Pagi ini, fenomena tersebut mulai terjelaskan.
Mulanya, karena saya membaca status Facebook dari mas Jaya Setiabudi. Respon pertama saya adalah " masa sih ?" Lalu saya berusaha membuktikan sendiri.
Bahwa, pencarian kata dengan format yang kurang lebih Subjek + kata sifat "bersih" + karena Foke, akan membuat Google mengarahkan kita ke hasil pencarian " karena Ahok"
Saya mencoba yang aneh - aneh, misal kandang bersih karena Ahok, atau gudang bersih karena Ahok.Screenshot yang saya berikan adalah hasil dari Rumah Basir Bersih Karena Foke. Sewaktu saya coba Rumah Abas Bersih Karena Foke, tidak ada arahan masukan dari Google muncul. Mungkin karena nama Abas  tidak lah umum. Namun, ketika saya mencoba dengan dua huruf B (menjadi abbas), maka suggestion muncul dari Google.
Wow ! Sebuah permainan SEO tingkat tinggi kah ?
Kalau memang terjadi, hal seperti ini, bisa dibilang sebuah strategi digital kelas dunia. Yang membuat saya jadi teringat seorang figur. Jangan - jangan ini kerjaan nya Ardyan Fitra yang legendaris itu.
Ardyan, alumni Fisika UI, bisa dibilang salah satu grandmaster SEO Indonesia. Dia bagian dari tim pemenangan Obama, SBY, hingga Jokowi.
SEO, kalau dijelaskan dengan singkat, adalah segala upaya membuat konten kita muncul dengan peringkat terbaik.
Dengar-dengar, tim Prabowo-Hatta sempat ingin pakai jasa Adryan, tapi batal karena sudah punya tim digital campaign sendiri. Kalau opini saya sih, dari pihak PKS utamanya.