Lev Vygotsky dan Jean Piaget adalah dua tokoh utama dalam psikologi perkembangan yang mengajukan teori berbeda tentang perkembangan sosial dan kognitif. Berikut adalah penjelasan teori mereka serta perbandingan keduanya:
Teori Lev Vygotsky (Sosial-Kultural)
Vygotsky percaya bahwa perkembangan kognitif sangat dipengaruhi oleh interaksi sosial dan budaya. Beberapa poin penting:
1. Peran Interaksi Sosial
Menurut Vygotsky, belajar terjadi melalui interaksi dengan orang lain, terutama yang lebih berpengalaman, seperti orang tua, guru, atau teman sebaya.
Anak-anak memperoleh keterampilan kognitif dan sosial dengan mengamati, meniru, dan berkolaborasi.
2. Zone of Proximal Development (ZPD)
ZPD adalah jarak antara apa yang dapat dilakukan anak secara mandiri dan apa yang dapat dicapai dengan bantuan dari orang lain (scaffolding).
Melalui bantuan ini, anak dapat mencapai tingkat pemahaman yang lebih tinggi.
3. Scaffolding
Scaffolding adalah dukungan sementara yang diberikan oleh orang dewasa atau teman sebaya yang lebih kompeten. Dukungan ini berkurang seiring anak menjadi lebih mandiri.