Apa Nomor Anda menggunakan Kartu Seluler dari Indosat? Apakah bisa dilakukan isi ulang? Mungkin Sudah lebih dari sebulan yang lalu kartu saya yang menggunakan berjenis Indosat tidak bisa dilakukan isi ulang via I-Banking (Internet Banking). Beberapa kali saya coba namun tak ada hasil, sebenarnya saya cukup malas untuk harus hutang pulsa lagi ke sahabat yang kebetulan biasa jual pulsa isi ulang. Akhirnya hal itu dilakukan karena memang pilihan saya saat itu adalah hal itu.
Nomor Khusus tak bisa isi Ulang I-Banking?
Beberapa waktu yang lalu kebetulan paket data Internet Indosat saya habis yang mengharuskan saya melakukan isi ulang untuk menambah pulsa agar bisa dilakukan pendaftaran paket data internet Indosat lagi.
Seperti biasanya saya menggunakan fasilitas I-Banking untuk melakukan pengisian pulsa. Hampir semua nomor saya dan keluarga saya lakukan hal ini agar alasan mudahnya. Namun, ternyata nomor Indosat untuk paket data internet saya masih belum bisa dilakukan isi ulang pulsa via I-Banking dan selalu gagal.
Saya sempat melakukan telepon ke kontak Call Center yang dikenai biaya. Namun 2 kali saya telepon di tengahnya terputus. Agak terlihat pula sepertinya petugas Call Center kurang mengerti sehingga meninggalkan telepon agak lama kemudian kembali dengan penjelasan yang kurang. Saya sempat berfikir apakah mungkin ada rasa lelah yang menghinggapi mereka sehingga fokus jadi kurang.
Saya pun melakuan komunikasi laporan hal ini via form yang disediakan di website official Indosat. Jawaban memang agak lama karena mungkin proses via form laporan melewati beberapa kali antrian yang berbeda dengan via Call Center yang bisa langsung berbicara/berkomunikasi dengan pihak petugas Call Center.
Saya cukup sering menggunakan fasilitas ini untuk laporan hal yang sama, karena kadang jawaban petugas Customer Service yang menjawab kurang begitu jelas. Mungkinkah kelelahan pula? Entahlah… saya coba jelaskan via balasan e-mail yang dikirimkan.
Saya sempat terkejut jawaban yang hampir sama seperti copy-paste, hingga saya menggunakan penekanan kata menggunakan huruf besar agar sang Customer Service bisa membaca poin yang saya laporkan adalah tentang tak bisanya isi ulang via I-Banking bukan seperti penjelasan jawaban bahwa nomor saya di-isi ulang ternyata tak masuk seperti prosesnya berhasil namun ternyata pulsanya tak masuk.
Ada pula jawaban yang rasanya mungkin lelah sehingga hilang fokus, karena nomor yang saya laporkan tak bisa diisi ulang dan jawaban konfirmasi dari Customer Service ternyata berbeda. Saya pun harus menjelaskan kembali hingga menggunakan penekatan kata seperti huruf besar, miring dan garis bawah pada kalimat.
Customer Service juga meminta laporan rinci seperti dimana kejadian, kapan hingga pulsa sebelum diisi pulsa dengan keterangan sebelum meminta penjelasan itu adalah isi ulang yang belum masuk, bukan seperti laporan saya yakni tidak bisa isi ulang. Mungkin saja laporan isi ulang yang belum masuk adalah laporan yang cukup sering masuk ke Customer Service.
[caption id="attachment_307085" align="aligncenter" width="984" caption="Alur Mendapat Jawaban"][/caption]
Setelah melakukan beberapa kali laporan dan jawaban pula dari Customer Service akhirnya saya mendapati jawaban bahwa Nomor 08560xxxx tidak bisa dilakukan isi ulang pulsa via I-Banking BCA maupun bank Mandiri. Nah, kenapa jawaban ini tak saya dapat sejak dulu hingga penah perjuangan untuk mendapatkan penjelasan hal ini.
Saya juga pertanyakan kenapa nomor 08560xxxx tidak bisa dilakukan isi ulang pulsa via I-Banking sedang nomor Indosat saya yang lainnya bisa hingga saya juga meminta solusinya bagaimana agar bisa dilakukan pulsa I-Banking. Namun tak dijawab oleh Customer Service.
[caption id="attachment_307084" align="aligncenter" width="797" caption="Akhir Penjelasan"]
Hal ini saya rasa cukup aneh kenapa ada kelompok nomor Indosat yang tak bisa dilakukan isi ulang Pulsa via I-Banking, padahal nomor lainnya bisa. Hingga ada pertanyaan apakah ada nomor Indosat lain pula yang tak bisa dilakukan isi Ulang seperti nomor saya. Adanya berita pembobolan di Bank membuat keamanan pelanggan perlu dijaga, seperti pembedaan Nomor yang tak bisa isi ulang ini agar tak dilakukan diskriminasi padahal dalam 1 jenis kartu yakni Indosat (dalam hal ini IM3). [SH]
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H