Tiap ber-Facebook ria mungkin saja kita sering menemui iklan dari produk-produk toko online seperti dari Elevenia. Perkembangan IT yang maju membuat perkembangan online marketing juga berkembang. Banyak kemudahan yang ditawarkan dari proses jual beli online. Namun perlu dicermati lebih detail tentang harga yang ditawarkan, kenapa?
Elevenia melakukan penipuan harga?
Elevenia merupakan salah satu toko online yang cukup besar di Indonesia, biaya iklan web ini pun tak sedikit karena Elevenia juga merambah iklan di televisi. Sebagai toko online yang besar, Elevenia juga banyak menawarkan promo hingga kemudahan dibandingkan toko online lainnya. Hal ini tak lepas dari cara marketing agar Elevenia mulai dikenal khalayak ramai.
Beberapa waktu belakangan ini cukup sering iklan Elevenia di Facebook. Apakah anda menemukannya? Jika menemukan berarti kita masuk dalam segmen iklan Elevenia di Facebook. Saat melihat iklan facebook ELevenia saya klik iklan tersebut dan akan membuat kita secara otomatis disambungkan ke web yang berhubungan dengan iklan yang kita klik.
Setelah terbuka website Elevenia dan produk yang sesuai dengan yang diiklankan di Facebok, ternyata harga yang tertera berbeda denga yang ada di Iklan Facebook yang dipasang Elevenia. Ada apa ini? Ternyata di komentar juga ada yang menanyakan hal tersebut.
Jika kita tak melihat detail harga di website karena kita hanya berdasar melihat Iklan content marketing ELevenia di Facebook, maka kita akan mendapati harga yang tak sama dengannya. Oleh karenanya melihat detail sebuah produk sebeum dibeli adalah hal penting dalam transaksi online.
Apakah Elevenia melakukan Penipuan? Kita coba melihat sisi lain dari hal ini, karena harga di website bisa jadi adalah harga asli pada saat itu sedang yang ada di Facebook adalah harga Promo yang waktu dan jumlah produknya bisa jadi terbatas dengan harga yang tertera pada iklan Facebook.
Evaluasi untuk Elevenia
Siapakah yang salah dalam hal ini? Pembeli yang telat belinya jika harga yang tertera di Iklan Facebook adalah harga promo atau Elevenia sendiri karena tetap melakukan Iklan Promo padahal batas produk promonya sudah habis?
Pembeli tentunya harus lebih cermat, meski ada unsur tertarik dengan harga “miring” yang ditawarkan dan bersedia meng-klik Iklan tersebut dan masuk ke Website Elevenia untuk melanjutkan minat beli-nya. Namun, perlu pertimbangan dengan baik untuk melanjutkan dengan pembayaran jika harga yang ditawarkan ternyata tak sama.
Elevenia juga sangat perlu memperbaiki sistem Iklan Facebook-nya. Jika memang harga berubah, tentu harus dirubah dalam materi iklan agar tak ada istilah jebakan pembeli. Atau dalam iklan ditulis Promo hanya untuk 10 (jika terbatas untuk 10 pembeli). Namun alangkah bijaknya dalam memberikan materi iklan di Facebook harus lebih hati-hati agar terhindar dari penipuan. [SH]
Bacaan Penting Lainnya:
- Harga BBM Berubah tiap Tanggal 1 atau 15, Rakyat Makin Kreatif?
- Tiap Orang Punya Alergi Makanan Tertentu?
- Hypno Teaching, Memaksimalkan Hasil Proses Belajar-Mengajar dengan Hipnoterapi
- [PUISI] Diam untuk Sesaat
- Buku: Jiwa-jiwa Keikhlasan dan Perjuangan
- Punya Kartu Kredit harus dengan Menipu?
- Masih Ada Celah Calo di Pengurusan Paspor?
- Tanya Gaji di Awal Seleksi Pekerjaan, Etiskah?
- Menyelamatkan Jiwa Melalui Media Sosial
- Sistem Multi Level Marketing (MLM) bisa Jebol?
- KPI Lambat Tanggapi Aduan?
- Produk dengan Bintang Iklan Asing Lebih Menarik?
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H