Author: Nashwa Arika Putri, Dhiya Ayu Setyaningrum, Tsania Intan Mulia Hadi, Â Ichrima Zakira, Sekar Wilujeng Saraswati, Muslikah
Pada semester ketiga, mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK) Universitas Negeri Semarang (UNNES) melaksanakan kegiatan observasi dan memberikan layanan bimbingan kepada siswa di SMAN 1 Ungaran. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan konsentrasi belajar mereka, yang merupakan keterampilan penting dalam mencapai prestasi akademik yang optimal.
Dalam pelaksanaan layanan ini, mahasiswa BK UNNES menerapkan metode Game-Based Learning yang inovatif. Metode ini dirancang untuk membuat proses belajar menjadi lebih interaktif dan menyenangkan, sehingga siswa tidak hanya mendapatkan pengetahuan, tetapi juga pengalaman yang berharga dalam mengelola konsentrasi mereka. Dengan menggunakan permainan edukatif, para siswa dilibatkan secara aktif dalam kegiatan, yang membantu mereka memahami konsep-konsep penting tentang konsentrasi belajar.
Mengapa Konsentrasi Penting?
Konsentrasi adalah kemampuan untuk memusatkan perhatian pada satu objek atau materi belajar. Menurut Romlah (2010), konsentrasi belajar melibatkan pemusatan perhatian pada isi bahan ajar serta proses memperoleh informasi tersebut. Namun, berbagai faktor dapat mempengaruhi tingkat konsentrasi siswa, baik dari dalam diri mereka sendiri maupun dari lingkungan sekitar.
Dalam kegiatan tersebut dimulai dengan sesi pembuka yang melibatkan perkenalan, ice breaking, dan penjelasan tujuan layanan. Mahasiswa BK UNNES berperan sebagai fasilitator yang memandu siswa melalui berbagai permainan yang telah disiapkan. Dalam setiap permainan, siswa diajak untuk berpartisipasi secara aktif, seperti melempar bola sambil menjawab pertanyaan terkait konsentrasi belajar. Hal ini tidak hanya melatih fokus mereka, tetapi juga menciptakan suasana yang menyenangkan dan penuh semangat.
Salah satu tujuan utama dari layanan ini adalah untuk membantu siswa menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi konsentrasi mereka. Melalui diskusi dan permainan, siswa diajak untuk berpikir kritis mengenai pengertian konsentrasi, teknik manajemen waktu, serta strategi belajar yang efektif. Dengan pendekatan ini, diharapkan siswa dapat merancang strategi belajar yang sesuai dengan gaya belajar mereka masing-masing.
Mahasiswa BK UNNES tidak hanya memberikan layanan, tetapi juga melakukan evaluasi untuk mengukur pemahaman siswa mengenai materi yang telah disampaikan. Melalui angket dan diskusi, mereka dapat menilai seberapa besar manfaat yang diperoleh siswa dari kegiatan tersebut.
Kegiatan ini merupakan wujud nyata dari komitmen mahasiswa BK UNNES dalam memberikan kontribusi positif kepada masyarakat, khususnya dalam dunia pendidikan. Dengan pengalaman ini, mahasiswa tidak hanya belajar tentang teori, tetapi juga praktik langsung dalam membantu siswa mengatasi tantangan yang mereka hadapi dalam belajar.
Di akhir kegiatan, mahasiswa BK UNNES memberikan motivasi kepada siswa untuk terus berusaha meningkatkan konsentrasi belajar mereka. Dengan harapan, layanan ini dapat menjadi langkah awal bagi siswa untuk meraih kesuksesan di masa depan.
Dengan semangat kolaborasi antara mahasiswa dan siswa, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan pendidikan di SMAN 1 Ungaran dan menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lainnya. Mari kita dukung upaya-upaya seperti ini untuk menciptakan generasi yang lebih cerdas dan siap menghadapi tantangan di dunia pendidikan!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H