Mohon tunggu...
Sekar Febriana
Sekar Febriana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Negeri Jakarta

Mahasiswa Public Relations dengan performa akademik dan kemampuan interpersonal yang baik. Memiliki hobi dan kemampuan dalam melakukan analisis data media sosial. Memiliki ketertarikan yang besar dalam membangun hubungan dengan publik dan mengoptimalkan branding.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Kemunculan Kopi Keliling Sepeda Listrik, Akankah Menggeser Pedagang Starling?

20 April 2024   20:19 Diperbarui: 20 April 2024   21:24 866
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Maraknya jajaran tren terkini dalam industri kopi, kemunculan penjual kopi keliling dengan gaya kafe yang menggunakan sepeda listrik telah merebut hati konsumen terutama dikalangan mahasiswa sebagai minuman favorit mereka lantaran harganya yang sangat terjangkau. Menjawab permintaan pasar yang semakin meningkat, Jiwa Group, yang merupakan pemegang merek dan produk Janji Jiwa, memperkenalkan Mobile Coffee Cart bernama Kopi Sejuta Jiwa (KSJ). Konsep inovatif ini, yang digagas oleh CEO dan Co-Founder Billy Kurniawan, menghadirkan kopi berkualitas langsung kepada konsumen dengan menggunakan sepeda listrik yang ramah lingkungan.

Konsep kopi keliling sejuta jiwa yang menggunakan sepeda listrik ini merupakan inovasi yang menarik. Sepeda listrik yang sudah dipasangkan dengan rak pendingin khusus untuk membawa kopi yang sudah dipacking dengan gelas yang sudah tersegel. Begitu juga dengan perlengkapan lainnya seperti es batu dan tutup gelas plastik. Sepeda itu didesain dengan gaya yang modern dan ramah lingkungan, dengan sentuhan warna merah cerah. Dengan menggunakan sepeda listrik, kemudahan akses ke lokasi yang berbeda-beda akan lebih efisien, mulai dari taman kota, pinggir jalan, hingga area kampus.

Inovasi Kopi Lokal Keliling, Modernisasi Starling

Konsep ini menggabungkan elemen dari konsep "starling" namun, dengan kecanggihan teknologi modern ramah lingkungan yang mendukung operasinya. Dibalik kecanggihannya harga kopi ini tetap dapat dinikmati oleh berbagai kalangan. Dengan harga yang relatif murah, berkisar antara 8 ribu hingga 10 ribu rupiah, KSJ berhasil memikat minat konsumen untuk menikmati cita rasa kopi yang autentik. Langkah ini tidak hanya memberikan akses yang lebih luas terhadap kopi berkualitas, tetapi juga menunjukkan komitmen perusahaan terhadap keberlanjutan lingkungan dan kepuasan konsumen. Dengan demikian, Jiwa Group menjadi pelopor dalam memenuhi permintaan pasar yang semakin dinamis.

Selain memenuhi tuntutan pasar yang semakin meningkat, inovasi kopi keliling menggunakan sepeda listrik ramah lingkungan membawa sejumlah manfaat yang signifikan bagi alam dan masyarakat diantaranya, penggunaan sepeda listrik sebagai sarana pengiriman mengurangi emisi gas rumah kaca dan polusi udara dibandingkan dengan kendaraan bermotor konvensional. Ini sejalan dengan upaya untuk menjaga lingkungan dan mengurangi dampak negatif terhadap kesehatan masyarakat. Harga yang lebih terjangkau memungkinkan semua orang dapat menikmati kopi tanpa harus mengeluarkan biaya yang lebih tinggi. Adanya sistem pembayaran digital seperti QRIS membuat transaksi menjadi lebih mudah dan cepat bagi pelanggan.

Inovasi ini dapat membuka peluang kerja bagi individu-individu terutama bagi mereka yang terlibat dalam produksi dan penjualan bagi pemilik usaha kecil, seperti petani kopi lokal atau perajin alat kopi, untuk meningkatkan visibilitas dan pendapatan mereka. Dengan bekerja sama dengan mereka, inovasi ini dapat mendukung ekonomi petani kopi lokal. Inovasi ini juga tidak hanya merangsang pertumbuhan ekonomi di komunitas tertentu, tetapi juga berperan terhadap keberlanjutan lingkungan yang baik.

Solusi Ramah Lingkungan, Bisnis Kopi Pakai Sepeda Listrik

Dengan memilih kendaraan ramah lingkungan, seperti sepeda listrik, KSJ juga memberikan kontribusi positif terhadap upaya mitigasi perubahan iklim dan menjaga kelestarian lingkungan hidup. Tren ini tidak hanya memberikan akses mudah dan terjangkau terhadap kopi berkualitas, tetapi juga memperkenalkan solusi ramah lingkungan dalam dunia bisnis kopi. Dengan demikian, inovasi ini tidak hanya memenuhi kebutuhan akan minuman yang nikmat, tetapi juga menginspirasi untuk menjalankan usaha dengan lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Sekar Febriana, Mahasiswa Program Studi Hubngan Masyarakat dan Komunikasi Digital, Universitas Negeri Jakarta angkatan 2022

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun