Indonesia merupakan negara berkembang yang memiliki perekonomian yang luas. Indonesia memiliki peranan sektor usaha kecil sebagai komponen perekonomian yang mempunyai nilai strategis yang dapat memberikan dampak atau sumbanagan yang besar. Oleh karena itu banyak usaha-usaha kecil yang mulai berkembang menjadi usaha yang semakin melebar.Â
Usaha-usaha kecil yang banyak merupakan harapan masa mendatang, usaha kecil dan menengah merupakan kegiatan ekonomi masyarakat yang cuku strategis yang mampu memberikan dorongan pertumbuhan ekonomi dan mewujudkan kesejahteraan ekonomi bangsa. Banyaknya usaha-usaha kecil yang mampu bertahan dalam persaingan ekonomi yang mulai didominasi oleh keadaan seperti wabah covid-19 yang mampu mengurangi atau memotong penghasilan suatu usaha. Adanya pembinaan atau peyuluhan untuk meningkatkan kemajuan usaha-usaha atau industri kecil agar mampu mandiri dan memberikan kepuasan kepada konsumen.Â
Strategi pemasaran adalah strategi yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu. Strategi adalah rancangan yang menggambarkan sebuah perusahaan mencapai tujuan, dalam menjalankan tujuannya usaha kecil diminta mampu mengembangkan strategi melalui strategi pemasaran pada saat terjadi krisis ekonomi.Â
Jenis-jenis usaha yang ada di Indonesia yaitu usaha mikro yaitu kegiatan usaha yang masih bersifat tradisional atau yang masih tidak terdaftar dalam hukum, usaha kecil yaitu usaha yang dimiliki oleh perorangan yang termasuk berbadan hukum koperasi, dan usaha menengah yaitu usaha perorangan atau usaha yang berdiri sendiri bukan anak cabang dari suatu perusahaan.Â
Permaslaahan yang sering dihadapi oleh pengusaha-pengusaha kecil yaitu kurangnya modal yang dimiliki, kurangnya bantuan modal sehingga usaha yang dimiliki tidak bisa dikembangkan. Hasil dari usaha biasanya digunakan untuk kebutuhan hidup sehari-hari sehingga modal yang seharusnya untuk usaha malah digunakan untuk keperluan hidup.Â
Ketergantungan usaha mikro yang tinggri terhadap permintaan pasar menyebabkan usaha sulit untuk berkembang seperti penjual kecil yang biasanya berdagang di sekolah-sekolah tidak bisa menjual barang dagangannya karena sedang musim libur sekolah, penjual es tidak bisa mejualnya karena sedang musim dingin atau hujan sehingga kurangnya minat beli pada es tersebut.Â
Strategi pemasaran adalah adalah strategi yang digunakan atau diterapkan dalam mencapai sasaran atau target yag telah ditetapkan. Pemasaran memfasilitasi proses hubungan dengan konsumen dengan mengamati keinginan konsumen kemudian dapat dilanjutkan dengan mengembangkan suatu produk untuk memuaskan keinginan atau kebutuhan konsumen dan menawarkan produk tersebut dengan harga tertentu kemudian mempromosikan produk yang dijual dan dapat didistribusikan ke pasar.Â
Dalam membantu usaha-usaha kecil dibutuhkan teknologi yang mampu membantu pengusaha untuk memasarkan produknya agar diketahui olehbanyak orang,teknologi yang dapat digunakan yaitu teknologi informasi, UKM yang sedang membuat produknya bisa menggunakan teknologi ini sebagai jembatan untuk memasarkan usahanya, teknologi ini merupakan kunci kewirausahaan dan dapat mendorong masyarakat untuk membuat sebuah inovasi-inovasi baru yang bisa dipasarkan dan dibutuhkan oleh masyarakat.Â
Dalam memasarkan produk, beberapa strategi harus diperhatikan untuk menyesuaikan produk yang akan dijual di masyarakat yaitu,Â
1. Perencanaan, merencanakan sebuah konsep marketing untuk memudahkan dalam menentukan apa yang akan dijual atau produk seperti apa yang akan dibuat,
2. Target pasar, memilih target pasar mana yang digunakan untuk menjual produk apakah target untuk anak-anak, remaja, orang dewasa atau orang tua. Penentuan target pasar sangat penting karena akan berdampak pada hasil penjualan akhir apakah prosuk ang dijual seudah sesuai target apa tidak,