Mohon tunggu...
Sekar Arum
Sekar Arum Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa aktif jurusan Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN BTV 3 UNEJ Kenalkan Digital Marketing

30 Agustus 2021   07:30 Diperbarui: 30 Agustus 2021   07:34 218
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mahasiswa pelaksana KKN mendampingi pelaku UMKM lauk dan jajanan pasar mengenalkan digital marketing (Dokpri)

Lumajang, Jawa Timur-Mahasiswa KKN Back To Village atau KKN BTV 3 Universitas Jember, Vincentia Sekar Arum, merancang program pemberdayaan wirausaha masyarakat terdampak covid 19 secara daring, di Desa Ditotrunan, Kecamatan Lumajang, Kabupaten Lumajang.

KKN BTV 3 merupakan salah satu program yang wajib ditempuh mahasiswa Unej tiap tahun. Program tersebut merupakan salah satu cara bagi mahasiswa untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di masa pandemi di masing-masing desa asalnya. Mahasiswa KKN BTV 3 secara mandiri menentukan sasaran berdasarkan salah satu dari lima tematik KKN. Kegiatan KKN dilaksanakan dari tanggal 11 Agustus sampai 6 September 2021.

Sasaran kali ini yakni UMKM milik Ibu Sriwinarti atau lebih sering dipanggil Bu Win yang berjualan aneka lauk dan jajanan pasar di Pasar Ditotrunan. Pasar Ditotrunan terletak secara strategis di pusat kota Lumajang. Pasar tradisional ini merupakan salah satu pasar teramai di Lumajang dan beroperasi dari pagi hingga siang hari.

Sebagian besar penjual di pasar merupakan penjual sayuran, daging ayam, ikan laut, dan jajan pasar. UMKM Bu Win memiliki potensi yakni produk yang tidak ditemukan di penjual lain. Produk beliau adalah getuk singkong, jenang sumsum, serta bubur ayam.

"Pembeli khawatir kerumunan di area dalam pasar lebih memilih belanja di area luar pasar,” ujar Arum, Minggu (29/8). Permasalahan ini dihadapi oleh UMKM Bu Win yang merupakan salah satu penjual yang berjualan di area dalam pasar.  Dengan ditemukannya permasalahan ini, mahasiswa KKN BTV 3 membuat program kerja berupa pemasaran berbasis sosial media. 

Melalui program kerja tersebut, mahasiswa mengenalkan ilmu digital marketing. Digital marketing merupakan kegiatan pemasaran produk menggunakan media digital seperti website, iklan online, media sosial, dsb. Pelatihan pemasaran berbasis teknologi dibuat agar Bu Win melek IT.

Output yang diharapkan dari kegiatan KKN ini yakni agar tingkat penjualan produk UMKM Bu Win meningkat. Ditambah lagi, dengan diadakannya program sosial media marketing semakin memperluas jangkauan konsumen UMKM Bu Win.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun