Mohon tunggu...
Seira Sahla
Seira Sahla Mohon Tunggu... Pustakawan - pustakawan

pustakawan

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Memanfaatkan Digital Marketing Pariwisata pada Era Industri 4.0

27 Mei 2019   20:26 Diperbarui: 27 Mei 2019   20:40 1939
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Seira Sahla Aghisni
Fakulas ilmu komunikasi-ilmu perpustakaan
Universitas padjajaran 

            Saat ini teknologi informasi dan komunikasi semakin meningkat, era industri 4.0 dirasa semakin meningkatkan sistem teknologi yang dapat mempermudah berbagai kehidupan manusia, termasuk dalam dunia pariwisata. 

Teknologi informasi menjadi salah satu sarana yang digunakan dalam mempromosikan pariwisata dari berbagai media sosial dengan berbagai digital marketingnya. Dengan adanya digital marketing minat seseorang untuk pergi berlibur semakin tinggi.

Masyarakat di era 4.0 sudah disuguhkan dengan berbagai kemudahan dari berbagai teknologi yang ada, termasuk  dalam kemudahan mendapatkan kemudahan dalam pariwisata, Industri 4.0 dalam bidang pariwisata ini lebih meningkatkan kepada Tourism and The Digital Transformation aray pariwisata dan Transformation Digital. 

Menurut Kementrian Pariwisata pemesanan travel  yang dijual secara online saat ini mencapai 50%. Pemerintah saat ini sedang gencar menggalakan pariwisata, dapat dilihat dalam intruksi Presiden nomor 9 tahun 1969, bab II pasal 3, yang menyebtutkan  

"Usaha pengembangan pariwisata di Indonesia bersifat suatu pengembangan "industri pariwisata" dan merupakan bagian dari usaha pengembangan dan pembangunan serta kesejahtraan masyarakat dan Negara (Yoeti, 1996).

Terdapat berbagai objek wisata yang menjadi daya tarik masyarakat dalam melakukan dan merencanakan travel. Indonesia bisa dijadikan dalam salah satu list kunjungan dalam melukukan pariwisata, diantaranya terdapat :

  • Wisata Alam

Iindonesia kaya akan berbagai pariwisata alamnya, terdapat di berbagai wisata alam yang dapat dikunjungi oleh pecinta alam,salah satunya Indonesia kaya akan wisata trumbu karangnya terdapat sekitar 18% macam-macam trumbu karangyang ada di Indonesia. selain itu terdappat wisata menarik lainnya seperti pegunungan, laut dan kekayaan alam lainnya.

  • Wisata Religi

Terdapat berbagai macam wisata Religi yang cukup banyak di Indonesia diantaranya ialah wisata religi ke makan walisongo, ataupun mendatangi peninggalan sejarah yang kental dengan unsur Religi dan menggambarkan agama Budhaa yaitu Candi Borobudur.

  • Wisata Budaya

Indonesia terkenal akan beragam budaya yang menarik dan kaya akan budaya tradisionalnya, seperti bebagai tarian, dari Bali terdapat tari kecak, dan dari Padang yaitu tari Piring.

Digital marketing dalam pariwisata dibuat bertujuan untuk mempromosikan dan memasarkan suatu wisata di media sosial agar meanarik wisatawan datang. Kegiatan digital marketing biasanya dilakukan di website, social media, online advertising, email direct marketing, forum discussion, mobile applications. (digitalmarketingpariwisata.com, 2018).  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun