Mohon tunggu...
Sefmadani
Sefmadani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa gabut nungguin lowongan masuk isekai

Selanjutnya

Tutup

Film

Horornya Dapat tapi Penuh Plot Hole: Review Film Menjelang Magrib

13 Januari 2023   00:54 Diperbarui: 13 Januari 2023   01:06 1254
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Film Menjelang Magrib

Baru selesai nonton film Indonesia yang katanya terinspirasi dari kisah nyata dan genrenya HOROR. Judulnya before night falls atau bahasa Indonesianya menjelang magrib (menjelang malam datang). Dari judulnya uda kebaca agak keren kan? Tapi gimana ceritanya?

Ide filmnya menurutku menarik banget, tentang 3 mahasiswa psikologi yang sedang meneliti sekaligus membuat film dokumenter tentang suatu fenomena mengenai seorang gadis bernama Nina yang memiliki keterbelakangan mental yang aneh. Layaknya orang dalam gangguan jiwa, tingkah laku Nina tidak bisa ditebak, apalagi saat menjelang magrib Nina selalu bertingkah agresif seolah kesakitan hingga berteriak teriak. Hanya akan diam ketika sudah di pasung dan saat adzan magrib berkumandang. 

Hal inilah yang menjadi daya tarik sehingga ke tiga mahasiswa ini ingin mencari tau penyebab dari perilaku perilaku yang dialami Nina. Hingga penelitian mereka mulai menuju ke hal hal yang seharusnya tidak terpikirkan oleh mahasiswa Psikologi, yaitu hal gaib, tahayul, hingga roh roh yang katanya mengganggu Nina. Dari sini aku ngerasa filmnya uda cukup keren. Apalagi kalo denger ini diangkat dari kisah nyata, tapi sayangnya ternyata aku salah.

Banyak penjelasan di film yang sama sekali aku ga ngerti karena bahasa yang digunain tokohnya terlalu berat, bahkan untuk dialog kesesama karakternya. Bahasanya terlalu baku menurut aku. Kalau hanya saat menjelaskan fenomena yang ternyata saja, mungkin bahasa baku emang bagus, tapi bahasa bakunya tuh tetap digunain bahkan saat mereka sedang bercakap biasa. Aku heran karena latar filmnya ga sejadul itu.

Aku sampai sekarang masih mikir apa karna otak aku aja yang ga nyampe atau karna aku ga fokus sama sekali, makanya ga paham sama apa yang dibicarain. Banyak pula plot hole yang aku temuin dan ga terjawab sampai ending. Seperti hantu nenek yang muncul, apa sebenarnya yang ngerasuki Nina, fenomena apa yang terjadi di hutan sampai si tokoh cewenya sempat luka terus diobatin oleh makhluk yang entah apa. Dan lain sebagainya.

Endingnya pula bikin aku ngang ngong ngang ngong. Kayak puyeng gitu lantaran ga ngertinya. Plothole ga keisi tiba tiba eh udah ending, dan endingnya malah ga kejawab soal penelitian mereka. Si Nina Fly gaes. Beneran terbang dalam artian terbang. Heran saya. Makanya untul film ini rating aku kasih 6.5/10. Tapi untuk Ide cerita bagus banget, cuma itu aja sih, bahasa, plot hole sama endingnya ga suka banget.

Ini hanya pendapat aku ya... Tapi itu aja review aku untuk film Menjelang Magrib. Baca juga review film aku yang lainnya yaw...

Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun