Mohon tunggu...
Sefira OktaviaAnggraeni
Sefira OktaviaAnggraeni Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Traveling is my life

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mengangkat Potensi Lokal: Inovasi Bisnis dan Kapabilitas Desa Wisata Sumbergondo

2 Agustus 2024   10:44 Diperbarui: 2 Agustus 2024   10:57 40
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
  Dokumentasi Pengabdian Masyarakat UM

 

Malang, 1 Juli 2024 - Mahasiswa dan Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang (UM) menggelar program pengabdian masyarakat melalui skema Peningkatan Kapabilitas dan Inovasi Bisnis Desa Wisata Sumbergondo, Kota Batu Jawa Timur. 

Program pengabdian ke masyarakat ini bertujuan untuk mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh desa dengan memanfaatkan kapabilitas dan berinovasi bisnis yang diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Dalam program pengabdian ini, mahasiswa, dosen dan masyarakat berkolaborasi untuk menciptakan solusi-solusi kreatif dalam memperbaiki sistem pemasaran, promosi, dan mengoptimalkan potensi desa guna meningkatkan pendapatan desa.

Mahasiswa FEB UM dengan beberapa dosen yang terdiri dari Dr. Dwi Wulandari, S.E., M.M., CFP (Ketua Pengabdian), Putra Hilmi Prayitno, M.Pd. (Anggota Pengabdian), Abdul Rahman Prasetyo, S.Pd., M.Pd. (Anggota Pengabdian), Fuad Indra Kusuma,S.Pd.,M.Pd. (Anggota Pengabdian). Serta melibatkan kepala desa Sumbergondo, masyarakat desa Sumbergondo dan para pelaku UMKM desa Sumbergondo. 

Tak hanya itu, program ini melakukan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan dan daya tarik desa wisata ini, seperti pelatihan bagi pelaku usaha desa wisata, pengembangan produk wisata baru, dan pemanfaatan teknologi digital. Salah satu upaya yang dilakukan adalah pelatihan bagi pelaku usaha desa wisata. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pelaku usaha dalam mengelola bisnisnya dengan baik. Materi pelatihan yang diberikan antara lain tentang manajemen usaha, pemasaran, dan pelayanan pelanggan.

Selain itu, Desa Wisata Sumbergondo juga terus mengembangkan produk wisata baru untuk menarik lebih banyak wisatawan. Produk wisata baru yang dikembangkan antara lain wisata edukasi, wisata alam, dan wisata budaya. Di era digital ini, Desa Wisata Sumbergondo juga memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan layanan dan daya tarik desa wisata. Desa ini memiliki website dan media sosial yang digunakan untuk mempromosikan desa wisata dan produk wisatanya. Selain itu, desa ini juga menggunakan aplikasi online untuk pemesanan dan pembayaran tiket wisata.

Upaya-upaya yang dilakukan oleh Desa Wisata Sumbergondo telah membuahkan hasil. Jumlah wisatawan yang berkunjung ke desa ini terus meningkat setiap tahunnya. Hal ini berdampak positif pada perekonomian masyarakat desa.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun