Perkembangan industri komersial utamanya e-commerce pada saat ini begitu besar dipengaruhi oleh kecanggihan teknologi. Kecepatan, kemudahan, dan luasnya jangkauan akses yang ditawarkan oleh teknologi menjadi kunci bagaimana industri yang semula bersifat rumahan tumbuh menjadi industri besar yang dikenal secara nasional.Â
Fenomena tersebut menjadikan 'pasar yang sempit' hanya sebagai mitos belaka, karena kebutuhan dapat di masyarakat dapat diciptakan dan ruang untuk bertransaksi dapat dihadirkan. Hal ini dapat diamati melalui perjalanan produk dan merek yang baru, baik berupa jasa ataupun barang yang muncul kurang dari 10 tahun terakhir seperti J&T Express hingga menjadi wajah baru pada ranah logistik di era industri 4.0.
Hal pertama yang perlu dicatat adalah sebuah bisnis dan usaha ini dimulai dengan menemukan permasalahan di lingkungan sekitar dan mendefinisikan siapa yang akan menjadi target market-nya. Misalnya, pada saat kemunculannya pada tahun 2015, J&T Express mampu melihat adanya missing link antara produsen dengan konsumen. Kerena itu, kemudian J&T Express hadir sebagai jasa pengiriman yang cepat dan berbasis teknologi. J&T Express sendiri mampu melihat adanya celah dengan berkembangnya e-commerce di Indonesia yang cukup pesat.
Sejalan dengan tagline yang dimiliki J&T Express yakni "Express Your Online Business", keberadaannya memberi angin segar bagi penguasaha mikro, kecil, dan menengah untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih besar. Belum lagi dengan ditambah kerja sama dengan berbagai start up di bidang online marketplace seperti Lazada, Buka Lapak, Shopee, dan Tokopedia menjadi peluang yang menjanjikan. Dengan demikian, J&T Express tidak lagi direpotkan untuk mencari 'konsumen' pengguna jasanya, karena secara otomatis ekspedisi ini tercantum sebagai salah satu opsi jasa pengiriman dalam marketplace tersebut. Maka tidak mengejutkan apabila pada tahun 2018, J&T Express dinobatkan sebagai jasa pengiriman pendukung e-commerce yang paling diminati di Indonesia, yakni mencapai 1.800.000 pengiriman setiap hari.
Dalam hal ini, tentu kita semua---yang gila berbelanja dan memburu promo harga pada marketplace saat angka kembar mencuat di kalender---menjadi sangat akrab dengan layanan J&T Express. Kecepatan, tentu menjadi hal yang tidak perlu diragukan. Hal ini merujuk pada pengalaman pribadi ketika setiap pembelian melalui Shopee dengan menggunakan jasa pengiriman J&T Express, selain karena 'gratis ongkir', dapat diterima dalam jangka waktu 2-3 hari kerja. Update real time yang dapat dengan mudah diakses mengawal posisi pengiriman barang hingga sampai dengan selamat di tangan penerima. Semangat dan komitmen ini tentu menjadi hal yang perlu diapresiasi sekaligus dipertahankan untuk terus bersama-sama mendorong pergerakan e-commerce di Indonesia menuju pucak kejayaannya. Tanpa J&T, semua tidak mungkin terasa mudah. Singkatnya, silahkan coba kalau anda tidak percaya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H