Mohon tunggu...
Henny Nuraeni
Henny Nuraeni Mohon Tunggu... -

Silaturahmi yuk di blog saya : http://sayhitohenny.blogdetik.com/

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Berita Kematian Khadafi Masuk Top Pencarian Tahun Ini

6 Desember 2011   09:33 Diperbarui: 25 Juni 2015   22:45 209
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

“100 kata kunci, 10 kategori terpopuler, terheboh, dan paling menyentuh.” Begitulah yang dikatakan yahoo dalam rangkuman berita di tahun 2011. Jika kita flash back lagi ke belakang begitu banyak cerita, berita, tragedi yang telah kita alami di tahun 2011, mulai dari berita dalam negeri hingga ke luar negeri.

Yahoo berhasil merangkum 10 kata kunci pencarian yangsering dilakukan banyak orang berikut ini 10 top kata kunci yang sering dicari:

  1. Kate Middleton
  2. Tsunami Jepang
  3. Syahrini
  4. Inong Malinda
  5. Justin Bieber
  6. Norman Kamaru
  7. Steve Jobs
  8. Muammar Khadafi
  9. Liga Champion
  10. Kematian Osama Bin Laden

Yang paling berkesan menurut saya ialah kematian Muamar Khadafi, Betapa tidak kematiannya sungguh mengundang kontroversi bukan hanya didalam negeri saja bahkan untuk para pro khadafi di dalam maupun di luarnegeri.

Ketika awal mendengar kabar kematian Khadafi membuat geger seluruh penjuru dunia, Tak pernah terbayangkan oleh kita bahwa pria yang berkuasa di Libya selama empat dasawarsa ini tewas tertembak saat pasukan pemberontak menyerang lokasi perlindungannya di Sirte.

Sosok Khadafi ini memang mengundang bayak kontroversi, keinginannya yang kuat untuk mempertahankan kekuasaan mengundang banyak krtik dari pemerintahan negara lainnya. Namun Khadafi adalah Khadafi ia adalah sosok orang yang pantang menyerah dan merasa dalam posisi kebenaran, meskipun rakyatnya tidak sedikit yang menghujatnya untuk turun tahta di pemerintahan Libya.

Akhir kematiannya bisa dibilang sangat tragis dan tidak berprikemanusiaan, betapa tidak ia mati diseret dan ditembak oleh pasukan pemberontak yang menemukannya di tempat persembunyiannya. Puluhan ribu warga Libya turun ke jalan merayakan kematian Khadafi. Mereka melontarkan tembakan perayaan dan membunyikan klakson. Mereka saling berpelukan.

Sebelum Kematiannya Khadafi menulis surat wasiat yang menurut saya cukup menyentuh berikut ini isi surat wasiat trakhir Khadafi:

“Ini adalah wasiatku. Saya, Moammar bin Mohammad bin Adussalam bin Humayd bin Abu Manyar bin Humayd bin Nayil al Fuhsi Khadafi, bersumpah tidak ada tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan-Nya. Saya bersumpah bahwa saya akan mati sebagai seorang Muslim.

Jika saya terbunuh, saya ingin dikuburkan, sesuai dengan ritual Islam, dengan pakaian yang saya kenakan pada kematian saya dan tubuh saya tidak dimandikan, di pemakaman di Sirte, di samping keluarga dan kerabat. Saya ingin agar keluarga saya, terutama wanita dan anak-anak, diperlakukan dengan baik sepeninggal saya. Rakyat Libya harus melindungi identitas, pencapaian, sejarah dan citra membanggakan dari nenek moyang dan pahlawannya. Rakyat Libya jangan melupakan pengorbanan manusia-manusia terbaik itu. Saya menyerukan kepada para pendukung saya untuk meneruskan perjuangan, dan melawan setiap negara asing yang melawan Libya, hari ini, besok dan selamanya. Biarkan rakyat merdeka di seluruh dunia tahu bahwa kita bisa saja memberikan penawaran dan menjual tujuan kita demi keamanan pribadi dan kehidupan yang stabil. Kami menerima banyak tawaran untuk itu, tapi kita memilih berada di garda depan konfrontasi yang merupakan tugas dan kehormatan kami. Walaupun kita belum menang, tapi kita memberikan pelajaran kepada generasi di masa depan bahwa melindungi negara adalah kehormatan dan menjualnya adalah pengkhianatan besar yang akan selalu diingat oleh sejarah."

// var so_1140614409 = new SWFObject("http://www.youtube.com/v/s37CdP0945Q","fm_s37CdP0945Q","425","350","6","","","","",""); so_1140614409.addParam("wmode", "transparent"); so_1140614409.write("fo_targ_s37CdP0945Q1140614409"); // ]]

Juru bicara Navi Pillay, Rupert Colville, menggambarkan rekaman video yang memperlihatkan pemimpin Libya itu masih hidup ketika pertama kali ditangkap amat mengganggu. “Diperlukan rincian lebih banyak untuk memastikan dia tewas dalam pertarungan atau dieksekusi setelah ditangkap. Dua rekaman video telepon genggam yang muncul, yang satu dia masih hidup dan yang satu lagi sudah meninggal, amat mengganggu.”

Seolah tidak puas dengan kematianKhadafi, Jenazahnya di pertontonkan di Mall pusat perbelanjaan di Kota Misrata, Sabtu (22/10) waktu setempat. Bahkan ratusan warga dibebaskan untuk melihatnya, sungguh mengilukan, bagaimana dengan reaksi keluarga, kerabat dan para pro Khadafi saat itu.

Bagi saya yang awam terhadap hukum pemerintahan dibeberapa negara, paling tidak saya memandang peristiwa ini sebagai bentuk pengadilan yang dilarang oleh hukum International. Tersangka kejahatan perang, sekaligus pembunuh berdarah dingin sekalipun harus dibawa pengadilan bukan dibunuh dan disiksa secara seperti yang dilakukan pasukan NTC di Misrata yang menelanjangi dan menyeret jenazah Khadafi di jalanan.

Blog: http://sayhitohenny.blogdetik.com/

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun