Mohon tunggu...
Savira Nanda
Savira Nanda Mohon Tunggu... Desainer - SAVIRA NANDA BUDIAFOSMA 21052010071

UPN "Veteran" Jawa Timur

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Mengarungi Dunia Animasi: Pengalaman Magang Posisi sebagai Background Artist di Solar Studio

30 November 2023   01:57 Diperbarui: 30 November 2023   02:15 512
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Surabaya,17 November 2023 – Dunia animasi bukanlah tempat yang hanya ditempuh oleh para profesional berpengalaman. Sebagai seorang mahasiswa yang berkuliah di UPN “Veteran” Jawa Timur, saya, Savira Nanda B, memiliki keberanian untuk memasuki dunia ini melalui magang di Solar Studio sebagai Pembuatan Background dan sset visual 2D untuk Channel Youtube Lagu Anak Indonesia Balita.

Menurut saya magang ini menjadi pengalaman yang penuh warna, memungkinkan saya untuk terlibat langsung dalam proses kreatif pembuatan background dan pembuatan asset visual 2D untuk animasi. Sebagai mahasiswa, saya diberikan peluang untuk belajar dari para ahli di industri ini, serta mempraktikkan pengetahuan yang saya peroleh di bangku kuliah.

Salah satu keuntungan utama magang ini adalah pengembangan keterampilan teknis saya. Saya belajar menggunakan perangkat lunak desain grafis yang umum digunakan dalam industri animasi seperti ToonBom,dan Adobe Illustrator. Ini memberi saya fondasi yang kuat untuk menciptakan background yang menarik dan mendukung cerita animasi.

Bekerja di studio ini juga memberikan wawasan mendalam tentang kolaborasi tim. Saya terlibat dalam diskusi kreatif, berbagi ide dengan desainer latar belakang dan animator lainnya. Proses ini tidak hanya memperkaya ide-ide saya, tetapi juga memperluas jaringan profesional saya di dunia animasi.

Pentingnya waktu dan manajemen proyek menjadi pelajaran berharga selama magang. Saya belajar untuk bekerja dengan efisien, memenuhi tenggat waktu, dan tetap kreatif dalam situasi yang menuntut. 

Hal ini merupakan aspek penting dalam industri animasi yang seringkali melibatkan proyek dengan jadwal ketat. Tantangan yang unik saya alami sebagai mahasiswa adalah menggabungkan tanggung jawab akademis dengan tugas magang. 

Namun, ini memberikan saya peluang untuk menerapkan teori yang saya pelajari di kelas ke dalam konteks nyata. Solar Studio ini memberikan dukungan yang memungkinkan saya belajar sambil tetap menjaga keseimbangan antara kuliah dan magang.

Saat melibatkan diri dalam proses kreatif, saya menyadari bahwa setiap adegan animasi adalah kolaborasi seni yang melibatkan banyak kontributor. Saya merasa bangga melihat latar belakang yang saya hasilkan menjadi bagian tak terpisahkan dari karya animasi keseluruhan.

Magang ini juga memicu minat saya untuk menjelajahi lebih banyak aspek dalam dunia animasi. Selain pembuatan latar belakang, saya menjadi tertarik pada berbagai peran lainnya, seperti desainer karakter dan animator. Pengalaman ini menjadi batu loncatan yang berharga untuk merinci arah karier saya di masa depan.

Melalui magang ini, saya mengkonfirmasi tekad saya untuk terus merambah dunia animasi. Pengalaman belajar di Solar Studio ini, bersama dengan dukungan dari tim yang ramah dan berpengalaman, memberikan fondasi kokoh untuk membangun karier di industri ini. Saya menutup magang ini dengan rasa syukur dan semangat baru untuk menghadapi tantangan yang ada di dunia animasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun