Badan Ekonomi Kreatif (Berkraf) melalui Direktorat Edukasi Ekonomi Kreatif menyelenggarakan workshop dengan tema Local Genius Brand Workshop (LOG) pada Sabtu, 29 September 2018 -- 01 Oktober 2018 di Hotel 101 Jalan Dr. Cipto Kota Malang. Kegiatan ini bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi kreatif melalui pengembangan merek local dan komunikasi pemasaran di era digital di Kota Malang dan sekitarnya.
Sebagai salah satu destinasi kota wisata di Indonesia, Kota Malang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun internasional. Daya tarik wisata ini ikut mendorong tumbuhnya produk local yang khas dan beragam dengan berbagai merek.Â
Selain itu, sub sector ekonomi kreatif yang tumbuh subur di Kota Malang merupakan aplikasi dan gim yang dipengaruhi oleh mulai dibukanya jurusan teknologi informasi di Kota Malang sejak tahun 2002.Â
Hal tersebut terbukti mampu menunjang keberhasilan Kota Malang sebagai salah satu kota kreatif yang mampu membawa ekosistemnya menuju era industri digital. Kegiatan ini diikuti oleh ukm, pelaku kerajinan logam, anggota blogger kompasiana malang (saudara Satriya Nugraha dan Himam Miladi wirausaha kopi bromo), pelaku stasiun teve daerah dan sebagainya.Â
Bekraf berharap workshop ini akan memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan merek lokal dan mengembangkan komunikasi pemasaran daerah sehingga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif secara cepat dan berkelanjutan.Â
Bekraf adalah lembaga pemerintah non kementrian yang bertanggung jawab di bidang ekonomi kreatif. Saat ini, Kepala Bekraf RI dijabat oleh Triawan Munaf.Â
Bekraf memiliki tugas membantu Presiden RI dalam merumuskan, menetapkan, mengkoordinasikan, dan sinkronisasi kebijakan ekonomi kreatif di bidang aplikasi dan game developer, arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, fashion, film animasi dan video, fotografi, kuliner, music, penerbitan dan penulis, periklanan, seni pertunjukan, seni rupa, serta televisi dan radio.
Â