Mohon tunggu...
Gaya Hidup

Copy Paste di Fanfic

8 September 2015   21:09 Diperbarui: 8 September 2015   21:09 58
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Pernakah anda berkeinginan untuk menulis suatu cerpen atau tulisan yang bagus? Saya tidak tahu apa yang akan anda jawab tapi ya saya pernah.

Pernah saya menulis sebuah cerpen di fanfic dengan hasil copy paste dari penulis lain, waktu itu say berfikir bahwa saya tak akan ketahuan pada saat saya akan menulis fanfic itu, tetapi ternyata hal itu ketahuan dan saya langsung di blokir oleh adminnya. Tetapi tidak kapok juga dan saya mencoba lagi dengan akun lain dan saya pun diblokir lagi.

Pada saat kedua kalinya akun saya diblokir timbul sebuah pertanyaan di benak saya yaitu 'bagaimana cara mereka mengetahui bahwa saya mengcopy paste dari tempat lain?' Saya pun mulai mencari bagaimana cara admin mengetahuinya dan saya menemukan beribu-ribu jawaban yang menurut saya bahwa hal itu sama sekali tidak penting atau tidak membuahkan hasil sama sekali. Pada saat itu saya agak kecewa. Padahal tulisan itu berbobot tapi kenapa di hapus melulu, pikir saya.

Setelah beberapa hari saya berpikir, saya pun mulai menulis lagi. Tetapi kali ini adalah karya dari tangan saya sendiri. Susunana katanya mungkin amburadul dan berantakan tapi anehnya tulisan itu tidak di hapus oleh admin dan saya mendapat banyak review dari para penulis lain yang walaupun menkritik tulisan saya tetapi mereka memuji keuletan saya dalam menulis.

Setelah hal ini saya baru menyadari bahwa copy paste itu tidaklah baik karena karya dari tangan kitalah yang akan membuat kita terkenal pada akhirnya

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun