Mohon tunggu...
Satrio Dhafirsto Idhandra
Satrio Dhafirsto Idhandra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Mahasiswa Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Angkatan 2020

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Haruskah UMKM Go Digital: Mulai Mencoba Dengan Media Sosial atau E-Commerce?

19 Mei 2023   19:01 Diperbarui: 19 Mei 2023   19:07 54
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

UMKM adalah usaha produktif yang dimiliki perorangan maupun badan usaha yang telah memenuhi kriteria sebagai usaha mikro.Seperti diatur dalam peraturan perundang-undangan No. 20 tahun 2008.UMKM sering kali kita jumpai pada kehidupan sehari hari,mungkin bisa jadi orang tua kita adalah pelaku usaha tersebut,bisa tetangga kita maupun orang orang yang kita kenal lain nya.

Dengan adanya menjadi Go Digital dapat menjangkau pasar yang luas,karena UMKM dapat menjangkau pelanggan potensial di berbagai wilayah, bahkan secara internasional. Internet memungkinkan bisnis untuk menembus batasan geografis dan mencapai audiens yang lebih luas, sehingga membuka peluang peningkatan penjualan dan pertumbuhan bisnis.Lalu dengan melakukan hal tersebut dapat meningkatkan visibilitas dan branding,dengan hadir nya pada platform digital memberikan kesempatan bagi UMKM untuk meningkatkan visibilitas dan menciptakan brand awareness. 

Dengan strategi pemasaran digital yang tepat, bisnis dapat memperluas kehadirannya di media sosial, mesin pencari, dan platform e-commerce, sehingga menciptakan kesadaran dan kepercayaan dari calon pelanggan.Apalagi saat ini dalam konteks media sosial sering kali disebut dengan Endorsment yaitu dengan cara membayar seseorang Influencer untuk membantu memasarkan produk yang kita punya.

Dengan menggunakan cara Go Digital pelaku UMKM harus melakukan inovasi dan adaptasi,karena dunia bisnis terus berkembang, dan UMKM yang tidak mengikuti tren digital berisiko tertinggal. Dengan go digital, UMKM dapat lebih cepat beradaptasi dengan perubahan pasar, menerapkan inovasi dalam operasi mereka, dan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan daya saing bisnis.Maka pada saat ini tidak ada salahnya untuk memulai mencoba melakukan hal tersebut untuk melakukan pada bisnis tersebut,jika hal tersebut belum terasa berhasil setidaknya akan ada perkembangan pada bisnis tersebut maupun akan dapat banyak pelajaran dalam menjalani bisnis itu.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun