Mohon tunggu...
Satria Widiatiaga
Satria Widiatiaga Mohon Tunggu... Guru - Guru Sekolah Alam

Guru di Sekolah Alam Aminah Sukoharjo

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Antara K Rewards dan Keutamaan Artikel Utama

9 Agustus 2024   14:17 Diperbarui: 9 Agustus 2024   14:26 94
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Menulis artikel berkualitas itu tidak mudah dan patut diapresiasi (sumber : Westend61)

Untuk pertama kalinya saya memberanikan diri membuat artikel masukan untuk admin Kompasiana, jujur saya tidak mau membuat artikel curhat, karena saya memang tidak ada masalah dengan Kompasiana.

Artikel ini saya buat berangkat dari pengumuman dari pihak admin tentang perubahan mekanisme penghitungan K Rewards, yaitu :

Penilaian akan lebih sederhana, konversi rupiah bukan hanya dihitung berdasarkan views. Setiap artikel yang terpilih menjadi artikel highlights dan headline, akan dikonversi menjadi poin. Perkalian poin ke rupiah akan mengikuti performa iklan Kompasiana setiap bulannya. 

Berikut penjabarannya:

  • 1 Artikel Headline akan mendapatkan 2.500 poin 
  • 1 Artikel Highlights akan mendapatkan 500 poin 
  • Views di artikel tersebut akan tetap dikonversi menjadi rupiah

Kalau seandainya tim manajemen Kompasnya tidak mengumumkan hal tersebut, saya mungkin tidak menulis artikel ini, sebagai bentuk mempertanyakan bagaimana sebenarnya mekanisme yang berbasis poin dan view tersebut.

Hal tersebut dikarenakan jumlah K Rewards yang saya terima seperti tidak sesuai dengan perhitungan dari mekanisme baru.

Coba mari kita hitung dari kasus K Rewards saya, dimana untuk bulan Juli 2024 saya mendapatkan Rp 118.512, sementara untuk poin yang berhasil saya kumpulkan adalah dari Artikel Utama sebanyak 14 AU dikalikan 2500 poin menjadi 35.000 Poin, dan 45 artikel Highlight dikalikan 500 poin menjadi 22.500 poin, jadi total poin yang saya kumpulkan adalah 57.500 poin, sebenarnya saya ada dapat 15 AU, tapi satu artikel dimasukkan AU oleh admin di bulan Agustus.

Sekarang mari kita hitung performa iklan sebagai pengali dari K Rewards yang saya terima dengan jumlah total poin AU dan Highlight-nya, dengan mengabaikan jumlah viewernya. Rp 118.512,- dibagi 57.500 poin, didapatkan angka Rp 2,06 atau saya bulatkan hanya Rp 2,- , jadi performa iklan saya pada bulan Juli sangat kecil sekali.

Barusan saya lihat unique view saya mencapai 75.000, angka yang fantastis, karena sebelumnya biasanya saya dapat mentok 5ribuan views, bisa jadi itu angka akumulasi antara poin dan unique view, tapi saya tak tahu pastinya.

Dan apabila angka UV tersebut saya buat sebagai pembagi dari K Rewards yang saya terima untuk menghitung performa iklan saya, nilainya menjadi jatuh lagi menjadi Rp 1,5 saja. Benar-benar sangat kecil

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun