Mohon tunggu...
Satria Rama Wijaya
Satria Rama Wijaya Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa/Psikologi/Universitas Malikussaleh

Hobi bersosial media

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Game Online, Suatu Hiburan atau Ancaman terhadap Kesehatan Mental

26 November 2024   14:14 Diperbarui: 26 November 2024   14:14 30
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Game online merupakan suatu bentuk hiburan yang digemari oleh berbagai macam kalangan, terutama pada kalangan muda. 

Terdapat berbagai alasan mengapa game online sangat digemari banyak orang, salah satunya adalah kemudahan untuk diakses, sering ditemui di tempat-tempat publik dimana ada beberapa orang yang sedang berkumpul dan bermain vidio game menggunakan hp atau juga laptop, selama ada internet game online dapat dengan mudah diakses melalui hp dan juga laptop. 

Game online juga sering digunakan untuk berbagai kebutuhan sosial, bagi seseorang yang tidak memiliki waktu atau akses ke tempat publik dapat dengan mudah bersosialisasi dan berinteraksi dengan teman melalui vidio game. dan selain itu, game online dapat membantu seseorang mengurangi rasa stres terhadap kehidupannya.

Jika dilihat dari paragraph diatas, game online sebagai suatu hiburan sangat bermanfaat, namun banyak ditemukan kasus dimana game online dapat mengganggu rutinitas kehidupan seseorang. Kasus ini umumnya banyak ditemukan dalam bentuk laporan orang tua terkait anaknya yang bermain game online dengan berlebihan, bahkan hingga lupa makan dan melewati waktu tidur. 

Akses mudah dari game online juga mengakibatkan pengguna menjadi ketagihan dan mengisolasi diri dari lingkungan. Selain itu walau game online awalnya bertujuan untuk mengurangi stres, game online juga bisa menyebabkan stres dan kecemasan jika dimainkan secara kompetitif dengan berlebihan. Selain mempengaruhi kesehatan mental, game online juga mempengaruhi kesehatan fisik, seperti menyebabkan kerusakan mata.

Jadi penting untuk pengguna game online untuk membatasi penggunaanya agar bisa memastikan hanya manfaat dari game online yang kita dapat sebagai hiburan dan menghindari efek yang mengancam kesehatan mental.

 Hal yang bisa dilakukan untuk meminimalisir ancaman atau efek negatif dari game online adalah dengan cara membatasi waktu main menjadi satu sampai dua jam perhari atau dengan membatasinya sebanyak satu atau dua ronde (match) dalam satu hari.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun