Perilaku konsumen merupakan perilaku yang diperlihatkan oleh konsumen untuk mencari, membeli, mengevaluasi, bahkan menghabiskan produk ataupun jasa yang mereka harapkan dapat memuaskan. Di era perkembangan zaman ini banyak trend penjualan yang mendorong masyarakat untuk membeli dan mencoba, terutama produk kecantikan. sekarang menjadi salah satu kebutuhan yang cukup penting untuk merawat kulit. Fenomena dari globalisasi sekarang ini adalah produk kecantikan yang tidak bisa ditinggalkan oleh setiap individu untuk merawat kulit terutama wajah, yang disebut dengan skincare & make up. Maka merek produk kecantikan berlomba-lomba untuk mencuri minat konsumen. Dengan menawarkan berbagai macam formula yang menarik serta pemasarannya juga. Seperti halnya produk "Somethinc" yang sekarang banyak diminati oleh konsumen dari kalangan remaja hingga dewasa.
Somethinc merupakan salah satu brand lokal yang berdiri sejak Maret 2019 oleh Irene Ursula. Selain skincare & make up, Somethinc juga membuat inovasi produk baru seperti bodycare, haircare, tools & merchandise. Kategori produknya antara lain, Basic Skincare Series, Bee Power Body Series, Exfoliating Glowing Serum, Bee Series, Calm Down! Series, Vidi s pick, Travelbuddies, Diamond Serum Bundle, Korean Eye Makeup, Arabian Eye Makeup, Ombre Lips -- Idol Blurry Soft Lip Matte, Strawberry Makeup, Douyin Makeup. Selain produknya yang sangat lengkap, pemasaran yang mereka lakukan sangat menarik masyarakat. Seperti halnya melakukan collaboration dengan tokoh kartun lokal Shinchan Tahilalats, Sabrina, tokoh kartun Hello Kitty, produk Kopi Kenangan. Yang lebih menariknya lagi dalam pemasarannya Somethinc juga melakukan collaboration dengan Idol Korea seperti Han So Hee dan NCT DREAM. Untuk nama jenis produk kolaborasinya antara lain, Somethinc x Shinchan Tahilalats, Somethinc x Han so Hee, NCT DREAM S Pick, Somethinc x Sabrina, Hello Kitty Edition, dan Somethinc x Kopi Kenanga. Jadi total produk Somethinc 223, dengan kisaran harga mulai dari Rp. 30.000,00 hingga Rp. 400.000,00. Pembeliannya dapat ditemukan di offline store yang telah mempunyai beberapa cabang disetiap kota dan dapat ditemukan melalui online store seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, dll. Somethinc juga sering melakukan promo dan diskon yang menarik.
Dibalik viralnya produk Somethinc, dengan berbagai keunggulannya seperti menggunakan bahan organik (essential oil, bunga chamomile, rosehip oil, dan lidah buaya), tanpa bahan kimia yang berbahaya, tidak menimbulkan efek samping, cocok untuk semua kulit karena banyak varian jadi bisa menyesuaikan terhadap jenis kulit setiap individu, menggunakan kemasan yang ramah lingkungan, produk lokal yang memiliki kualitas tinggi dan tentunya dengan kualitasnya yang tinggi harganya juga cukup terjangkau. Adapun kelemahannya, kurang cocok untuk orang yang menginginkan hasil instant dan beberapa produknya memiliki aroma khas, karena bahan-bahannya alami. Jadi untuk hasilnya bertahap serta beberapa produk baunya yang kurang harum dari penggunaan bahan alami tersebut. Untuk produk yang lebih lengkapnya susah ditemukan di pasar konvensional, karena kebanyakan di situs web resmi dan e-commerce.
Didukung dengan data penjualan tersebut, Somethinc berhasil menduduki peringkat pertama sebagai Top brand produk kecantikan kategori serum wajah terlaris di bulan Juni 2021. Dengan total penjualan Rp. 7,81 miliar di platform Shopee Official Store
Seperti halnya kekurangan yang telah dijelaskan, salah satunya yaitu susah ditemukan di pasar konvensional. Maka saran saya produk Somethinc harus memperluas offline store juga, karena beberapa produk susah didapatkan di secara langsung. Padahal offline store sendiri juga cukup mempengaruhi penjualan, untuk orang yang suka membeli produk secara langsung.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H