Mohon tunggu...
Sastika Septavidya
Sastika Septavidya Mohon Tunggu... Guru - Guru SMAN 1 Air Besar

Saya guru mata pelajaran fisika di SMA sederajat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe STAD pada Materi Elastisitas di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Air Besar

7 Maret 2024   07:00 Diperbarui: 7 Maret 2024   12:19 99
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

BAB I 

PENDAHULUAN

 

 

A. LATAR BELAKANG

Pada keadaan saat ini menjadi latar belakang dari permasalahan yang pendidik alami  adalah pendidik masih belum terbiasa dalam menggunakan model pembelajaran yang berinovatif, pendidik masih sering menggunakan metode konvensional dan pendidik belum terbiasa menggunakan media dalam proses proses pembelajaran berlangsung.

Kegiatan praktik baik ini penting untuk dibagikan, agar pengalaman mengajar yang saya lakukan dapat dikomentari dan diberikan saran yang membangun oleh pendidik-pendidik fisika dari berbagai daerah. Pengalaman mengajar yang saya lakukan menggunakan model pembelajaran Kooperatife Learning tipe Student Teams Achievement Division (STAD) yang melibatkan keaktifan peserta didik dalam kegiatan praktikum dan diskusi. Diharapakan peserta didik dapat menjadi lebih aktif dan kreatif serta berpikir kritis dalam menemukan dan menyimpulkan suatu konsep, dalam hal ini pada materi elastisitas. Pendidik berharap pengalaman mengajar ini dapat menjadi referensi bagi pendidik lain yang disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan peserta didik

 Pendidik juga berperan sebagai fasilitator yang bertugas memotivasi dan membimbing peserta didik dalam proses pembelajaran. Dalam hal ini pendidik bertanggung jawab dalam mendesain pembelajaran kreatif, inovatif, menantang dan menyenangkan menggunakan model, metode, dan media pembelajaran yang tepat dan inovatif sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan bisa meningkatkan kemampuan literasi peserta didik pada materi transformator.

 Pendidik juga betugas untuk mengumpulkan data atau informasi tentang keberhasilan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran dan keberhasilan pendidik dalam melaksanakan seluruh kegiatan yang direncanakan.

 Pendidik juga bertanggung jawab memperbaiki pemberian pembelajaran yang masih konvensional pada materi transformator dengan solusi menggunakan model Kooperatife Learning tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan metode diskusi dan media pembelajaran menggunakan alat peraga dan LKPD.

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun