BAB IÂ
PENDAHULUAN
Â
Â
A. LATAR BELAKANG
Pada keadaan saat ini menjadi latar belakang dari permasalahan yang pendidik alami  adalah pendidik masih belum terbiasa dalam menggunakan model pembelajaran yang berinovatif, pendidik masih sering menggunakan metode konvensional dan pendidik belum terbiasa menggunakan media dalam proses proses pembelajaran berlangsung.
Kegiatan praktik baik ini penting untuk dibagikan, agar pengalaman mengajar yang saya lakukan dapat dikomentari dan diberikan saran yang membangun oleh pendidik-pendidik fisika dari berbagai daerah. Pengalaman mengajar yang saya lakukan menggunakan model pembelajaran Kooperatife Learning tipe Student Teams Achievement Division (STAD) yang melibatkan keaktifan peserta didik dalam kegiatan praktikum dan diskusi. Diharapakan peserta didik dapat menjadi lebih aktif dan kreatif serta berpikir kritis dalam menemukan dan menyimpulkan suatu konsep, dalam hal ini pada materi elastisitas. Pendidik berharap pengalaman mengajar ini dapat menjadi referensi bagi pendidik lain yang disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan peserta didik
 Pendidik juga berperan sebagai fasilitator yang bertugas memotivasi dan membimbing peserta didik dalam proses pembelajaran. Dalam hal ini pendidik bertanggung jawab dalam mendesain pembelajaran kreatif, inovatif, menantang dan menyenangkan menggunakan model, metode, dan media pembelajaran yang tepat dan inovatif sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan bisa meningkatkan kemampuan literasi peserta didik pada materi transformator.
 Pendidik juga betugas untuk mengumpulkan data atau informasi tentang keberhasilan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran dan keberhasilan pendidik dalam melaksanakan seluruh kegiatan yang direncanakan.
 Pendidik juga bertanggung jawab memperbaiki pemberian pembelajaran yang masih konvensional pada materi transformator dengan solusi menggunakan model Kooperatife Learning tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan metode diskusi dan media pembelajaran menggunakan alat peraga dan LKPD.
Â