Dalam era digitalisasi pemasaran suatu produk sudah sangat berkembang, contohnya saja dengan adanya media sosial ataupun dengan e-commerce. Permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat Desa Beringin adalah pemasaran produk melalui digitalisasi. Selain itu ada beberapa Usaha Mikro Kecil Menengah diperlukan untuk re-branding desain logo, karena memang pelaku usaha membutuhkan desain logo yang kreatif dan inovatif.Â
Usaha Mikro Kecil Menengah memiliki fokus dalam kesehatan herbal seperti Jahe,Temulawak Instan dan Minuman Segar Bunga Telang. Adanya produk minuman bubuk ini juga terbentuk dan berkembang karena keinginan ibu-ibu serta hasil panen warga setempat di wilayah desa Beringin, Porong-Sidoarjo.Â
UMKM Dapur Bulan kini perlu melakukan re-branding tentang logo dan kemasannya, agar bisa menarik pelanggan yang ada di media sosial. Karena pada mata kuliah Desain Grafis ini memiliki fokus untuk dapat meningkatkan penjualan melalui media sosial. Disini saya Sasmita Aprilia Putri selaku Mahasiswa Semester 4, dari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya ingin bermaksud melakukan pengabdian masyarakat untuk melakukan pembuatan desain logo kemasan dan poster produk dari pihak UMKM Dapur Bulan.Â
Proses pelaksanaan wawancara dilakukan pada hari Minggu, 14 April 2024, Pihak owner UMKM Dapur Bulan adalah Ibu Wulandari, yang telah berhasil memiliki ide dan inovasi menariknya mengenai minuman herbal instan yang berdiri sejak tahun 2020 kala itu. Produk tersebut bermula dari inovasi saat adanya wabah pandemi Covid-19 yang membuat pihak owner UMKM Dapur Bulan berinovasi melalui minuman herbal instan dengan cara mengkonsumsinya sangatlah mudah dan praktis. \
Dari hal tersebut bisnis ini melejit hingga dapat membuat orang yang imunnya rendah bisa sembuh dengan cara mengkonsumi minuman herbal tersebut. Pada dasarnya jahe dan temulawak adalah ramuan herbal yang sangat memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi tubuh manusia yang mengkonsumsinya.Â
Kondisi dari UMKM Dapur Bulan sudah sangat baik dalam pemasaran serta pengenalan produk, selain itu pihak owner selalu ikut serta dalam kegiatan pameran atau event bazar lainnya dengan tujuan agar produk yang dihasilkan dapat dijangkau luas oleh masayarakat.
Kegiatan pengabdian masyarakat dengan cara re-branding kemasan ini bertujuan untuk mengembangkan desain kemasan baru yang sesuai dengan kebutuhan pemilik UMKM untuk meningkatkan promosi pemasarannya. Dalam pembuatan publikasi artikel media massa ini untuk menyelesaikan tugas Evaluasi Tengah Semester mata kuliah Desain Grafis yang diampu oleh Dosen Bapak Novan Andrianto, S.I.Kom, M.I.Kom. Dalam hal ini mahasiswa untag surabaya dapat memberikan kontribusi dan pemahamannya dengan maksimal supaya memiliki tanggungjawab untuk menyelesaikan tugas yang telah diberikan oleh dosen pengampu.
Dengan segala keunggulannya sebagai alternatif sehat dan praktis, maka minuman herbal instan ini semakin menjadi pilihan utama bagi konsumen yang peduli akan kesehatan dan kenyamanan. Dalam era dimana gaya hidup yang sibuk menjadi kenyataan sehari-hari, minuman herbal instan menawarkan solusi yang menyegarkan dan menyehatkan dalam setiap tegukan.Â