Mohon tunggu...
Saskia Rahmatania
Saskia Rahmatania Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa PGMI IAIN PONOROGO SEMESTER 3

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengaruh Dukungan Emosional Guru terhadap Keterlibatan Belajar Siswa

9 Oktober 2024   11:44 Diperbarui: 9 Oktober 2024   11:46 40
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Keberhasilan pembelajaran di sekolah tidak hanya ditentukan oleh kemampuan intelektual siswa, tetapi juga oleh faktor-faktor emosional dan psikologis yang memengaruhi mereka. Salah satu faktor penting yang berperan dalam meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar adalah dukungan emosional yang diberikan oleh guru. Dukungan emosional ini meliputi sikap peduli, perhatian, serta kemampuan guru dalam menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi siswa untuk belajar. Dalam esai ini, akan dibahas bagaimana dukungan emosional dari guru dapat memengaruhi keterlibatan belajar siswa serta implikasi pentingnya hubungan yang positif antara guru dan siswa.

Dukungan emosional dari guru merujuk pada interaksi positif antara guru dan siswa, di mana guru menunjukkan empati, kepedulian, dan perhatian terhadap kondisi emosional siswa. Dukungan ini meliputi kemampuan guru untuk memahami perasaan siswa, memberikan dorongan ketika mereka menghadapi tantangan, serta menciptakan suasana kelas yang kondusif dan ramah. Dukungan emosional yang diberikan guru memainkan peran penting dalam membuat siswa merasa dihargai dan aman, sehingga mereka lebih termotivasi untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran.

Keterlibatan belajar siswa sendiri dapat diartikan sebagai sejauh mana siswa aktif berpartisipasi dalam kegiatan akademik maupun non-akademik di sekolah. Keterlibatan ini mencakup tiga aspek utama, yaitu kognitif, emosional, dan perilaku. Keterlibatan kognitif berhubungan dengan fokus dan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran, keterlibatan emosional mencakup perasaan siswa terhadap proses belajar, sementara keterlibatan perilaku mencakup keaktifan siswa dalam kegiatan kelas seperti bertanya, berdiskusi, atau menyelesaikan tugas.

Hubungan antara dukungan emosional dari guru dengan keterlibatan belajar siswa sangat signifikan. Penelitian menunjukkan bahwa dukungan emosional dari guru dapat meningkatkan keterlibatan belajar siswa dalam berbagai aspek. Ketika guru memberikan dukungan emosional, siswa cenderung merasa lebih dihargai, aman, dan termotivasi. Lingkungan kelas yang emosional aman memungkinkan siswa untuk berani mengambil risiko dalam belajar, seperti bertanya atau mencoba metode baru dalam menyelesaikan tugas. Selain itu, dukungan emosional dari guru juga dapat mengurangi stres dan kecemasan akademik yang sering dialami siswa. Saat siswa merasa takut akan kegagalan atau kritik, dukungan empatik dari guru dapat membantu mereka merasa lebih tenang dan percaya diri, sehingga mereka dapat lebih fokus dan terlibat dalam pembelajaran.

Implikasi praktis dari pentingnya dukungan emosional ini adalah bahwa guru perlu mengembangkan keterampilan interpersonal yang kuat untuk menciptakan hubungan yang positif dengan siswa. Guru tidak hanya berperan sebagai pendidik, tetapi juga sebagai mentor yang dapat membimbing perkembangan emosional dan sosial siswa. Oleh karena itu, pelatihan bagi guru dalam aspek psikologis dan emosional sangat penting untuk membantu mereka memahami dan memenuhi kebutuhan emosional siswa. Selain itu, sekolah juga harus memberikan dukungan bagi guru dengan menyediakan waktu dan ruang untuk memperhatikan kesejahteraan emosional siswa. Lingkungan belajar yang memperhatikan aspek emosional akan membantu menciptakan pembelajaran yang lebih holistik dan meningkatkan keterlibatan siswa secara keseluruhan.

Kesimpulannya, dukungan emosional dari guru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterlibatan belajar siswa. Dengan menciptakan lingkungan yang penuh perhatian dan empati, guru dapat membantu siswa merasa aman, termotivasi, dan terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, membangun hubungan emosional yang positif antara guru dan siswa harus menjadi prioritas dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, karena dukungan emosional adalah fondasi penting dalam menciptakan pembelajaran yang efektif dan bermakna.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun