Baru-baru ini saya mendapatkan pengalaman buruk berbelanja secara online melalui situs Tokopedia. Tokopedia berpihak kepada pedagang yang menjual dagangan mahal dengan kualitas buruk.
Pada hari Selasa tanggal 13 Maret saya bertransaksi di Tokopedia melalui lapak J Original untuk membeli 3 buat produk berupa temper glass untuk Sony Xperia XZ Premium dan Galaxy Note 8 serta temper glass untuk kamera Sony Xperia XZ Premium. Waktu itu saya memutuskan untuk membeli temper glass yang agak mahal dari harga pasaran karena saya kapok beli temper glass yg murah karena kualitas yang tidak baik.
Setelah transaksi selesai dan barang diterima, saya langsung mencoba memasang semua item tersebut di handphone saya. Tidak ada kendala apapun ketika saya memasang temper glass untuk bagian depan dan kamera Sony Xperia XZ Premium saya. Tapi justru kendala datang ketika saya mencoba untuk memasang temper glass di Galaxy Note 8 saya.
Ketika proses pemasangan, ternyata temper glass yang diberikan sepertinya tidak begitu pas dengan handphone Galaxy Note 8 saya yang mengakibatkan terjadinya banyak gelembung. Akhirnya saya coba menghilangkan gelembung tersebut secara perlahan tetapi secara tiba-tiba ujung bawah temper glass menjadi retak.
Logikanya saja harga Note 8 yang mencapai 12 juta, apa mungkin harus saya banting-banting demi menghilangkan gelembung dari temper glass seharga 300 ribu? Berarti memang kendalanya ada di kualitas temper glass yang dijual itu dong? Memangnya saya apakan ini layar handphone sampai temper glassnya retak? Saya jelas lebih sayang handphone dong?
Jika ternyata pihak Tokopedia tidak punya itikad menyelesaikan masalah ini setelah surat pembaca dimuat, saya ingin pergi langsung ke BPSK. Ada yang pernah mendapat pengalaman mengadukan hal ini ke BPSK mungkin bisa dishare?
Shame on you Tokopedia. Disini saya mempertanyakan dimana rasa empati dan kejujuran pihak Tokopedia dalam menyelesaikan masalah. Saya juga mempertanyakan dimanakah ada rasa aman untuk berbelanja secara daring di era yang sudah serba online ini.