Lembar kegiatan 3
Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Tuliskan Identitas
Satuan Pendidikan ( Sekolah ) Â Â Â Â : SD NEGERI 157 PEKANBARU
Kelas / Semester               : 2/1
Tema / Sub Tema / PB Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â : 2 / 3 / 3
Alokasi Waktu                 : 2 X 30 menit
Tuliskan kompetensi inti ( KI ) ( Kurukulun 2013 ) atau penulisan Standar Kompetensi (SK ) untuk kurikulum 2006 dikelas yang anda ajar .
Jawaban :
Kompetensi Inti ( KI ) merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penuguasaan sikap, pengetahuan , dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap jenjang kelas pada suatu muatan pelajaran.
Kompetensi Inti dirancang seiring dengan meninggkatnya usia peserta didik pada   kelas tertentu.
Standar Kompetensi ( SK ) adalah kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penuguasaan sikap , pengetahuan , dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap tingkat / semester. Yaitu adanya indikator kunci, indikator pendukung , indikator kompleks .
Menulis Kompetensi Dasar dan IndiKator
Tuliskan KD dan Indikator seluruh muatan pembelajaran yang ditematikkan.
Berikut adalah contoh format penulisan untuk satu muatan pembelajaran.
Kompetensi Dasar
( KD pada KI-1 ) untuk kompetensi inti sikap kepada tuhan , sikap diri dan terhadap lingkungan, pengetahuan dan keterampilan.
( KD pada KI - 2 ) untuk kompetensi sikap social.
( KD pada KI -- 3 ) untuk kompetensi pengetahuan.
( KD pada KI -- 4 ) untuk kompetensi keterampilan.
Indicator
Jshk
Gsjh
Hgshasj
Hajh
 Menuliskan tujuan pembelajaran
Tuliskan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan KD.
Tujuan yang akan dicapai selama proses pembelajaran berlangsung.
Target yang akan dicapai oleh seluruh peserta didik atau merupakan target kolektif yang akan dicapai.
Mencerminkan arah yang akan dituju dalam proses pembelajaran. Agar pembelajaran dapat memfalisitasi hal tersebut dengan baik , maka arah pembelajaran mengacu pada indicator pencapaian , kompetensi , dijadikan sebagai acuan arah proses pembelajaran.
Menuliskan materi ajar
Tuliskan fakta , konsep , prinsip dan prosedur yang relevan , dan ditulis dalam bentuk butur -- butir sesuai dengan rumusan indicator pencapaian kompentensi .
Hdh
Jkd
Kdnkd
  Menuliskan metode dan pendekatan pembelajaran
Tuliskan semua metode yang akan di gunakan selama proses belajara mengajar berlangsung, yaitu metode yang digunakan dalam pembelajaran tematik dengan pendekatan tematik.
  Menuliskan langkah -- langkah kegiatan pembelajaran
Tuliskan langkah -- langkah pembelajaran yang anda rencanakan sesuai pendekatan , metode dan media yang anda gunakan. Berikut contoh langkah -- langkah pembelajaran dalam satu pertemuan .