Mohon tunggu...
Sar Imelia
Sar Imelia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Hobi membaca novel dan menonton Drakor Cita-cita saya ingin menjadi istri Ryu sunjae

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Implementasi Pembelajaran Model Pencapaian Konsep (Concept Learning)

25 Mei 2024   18:01 Diperbarui: 25 Mei 2024   18:11 221
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pengertian Model Pembelajaran Pencapaian Konsep

Pengertian model pembelajaran

      Istilah "model" secara umum dapat diartikan sebagai kerangka konseptual yang digunakan sebagai panduan dalam meaksanakan berbagai kegiatan. Dalam konteks pendidikan, model pembelajaran didefinisikan sebagai kerangka konseptual yang menggambarkan prosedur sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Model ini berfungsi sebagai panduan bagi perancang pembelajaran dan pengajar dalam merencanakan serta melaksanakan aktivitas pembeajaran.

Pencapaian konsep

       Penjelasan tentang konsep secara ostensif berarti mendefinisikannya dengan menunjuk  pada entitas tertentu yang nyata, seperti benda fisik. Misalnya, konsep "pohon" bisa dijelaskan dengan menunjukkan pohon yang ada di sekitar kita. Namun, konsep sering  kali  adalah kategorisasi  abstrak yang didefinisikan  dalam hubungannya dengan konsep lain, seperti demokrasi,kebebasan, atau teman. Konsep-konsep ini lebih sulit dipelajari karena sifatnya yang abstrak dan kurang konkret. Konsep-konsep disusun secaraefesien, menunjukkan hubungan satu sama lain, dan struktur ini membentuk  taktsonomi yan  menggambarkan cara mengoordinasikan, mengaudit, dan mengasosiasikan  konsep-konsep bawahan satu sama lain.

Adapun pengertian model pembelajaran pencapaiaan konsep(concept learning) menurut beberapa ahli

Robert M.Gagne(1985): Gagne menyatakan bahwa model pembelajaran pencapaian konsep melibakan pembelajaran melalui pengenalan struktur konsep, katagori, dan proposisi yang mebentuk pengetahuan siswa. Pembelajaran ini melibatkan proses identifikasi atribut-atribut penting,klasifikasi,dan generalisasi.

David P. Ausubel (1968) : Ausubul berfokus pada pembelajaran konseptual yang berpusat pada pemahaman struktural dan integrasi konsep-konsep baru ke dalam struktur pengetahuan yang ada. Siswa menghubungkan konsep baru dengan konsep yang sudah ada dalam mebangun pemahaman yang kuat.

Richard E. Mayer ( 2004) : Mayer menekankan pentingnya pembelajaran yang aktif dan konstruktif dalam mencapai pemahaman konseptual yang mendalam. Model  pembelajaran melibatkan pemberian informasi yang terstruktur dan disajikan dalam format yang relevan, serta mendorong siswa untuk berpikir kritis dan membuat koneksi dengan pengetahuan yang sudah ada.

Tujuan penggunaan model pembelajaran pencapaian konsep

      Penerapan model pembelajaran konsep memiliki dua tujuan utama yang penting untuk dipahami dan diterapkan dengan benar:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun