Mohon tunggu...
Intan Sari
Intan Sari Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Money

Si Keong Garing Bisnis yang Menggiurkan

15 Desember 2016   18:37 Diperbarui: 15 Desember 2016   18:51 39
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nama saya Intan Sari, saya adalah seorang mahasiswi semester V jurusan Ilmu Administrasi Niaga Universitas Indonesia. Salah satu mata kuliah Evaluasi Proyek membuat saya berpikir kreatif dalam memperkenalkan ide bisnis yang menguntungkan. Di bawah ini merupakan Executive Summary dari rancangan bisnis saya dalam bidang ketahanan pangan.

             GS Chips merupakan produk kerupuk berbahan baku keong mas pertama yang diproses secara modern, halal dan bergizi. Mengapa harus keong? Karena pemanfaatan keong sebagai sebuah snack merupakan suatu peluang jika ditilik dari cost dan profit yang akan didapatkan. Pertama bahan baku keong mas tersedia banyak dan murah yakni supplier dari para petani di daerah persawahan cukup banyak dan tersedia baik di daerah persawahan pulau Jawa ataupun juga di daerah persawahan Sumatera. Kerepotan untuk mengumpulkan keong? Maka saya melakukan budidaya keong mas sendiri. Budidaya keong mas adalah suatu hal yang tidak terlalu sulit untuk dilakukan karena perawatannya mudah. Hal yang harus diperhatikan adalah kesesuaian luasnya kolam budidaya dengan jumlah keong yang ingin kita panen di masing-masing kolam.

            Apakah Halal? Telah banyak yang membahas mengenai kehalalan hewan satu ini. Keong merupakan makhluk hidup yang halal untuk dimakan karena hidup di air tawar. Pihak MUI sendiri telah memberikan pernyataan bahwa keong dan kepiting adalah halal untuk dimakan. Nutrisi Keong? Jangan salah keong mengandung banyak nutrisi karena itulah banyak yang telah mengolah keong namun hanya sebatas untuk dijadikan makanan yang tidak dapat bertahan lama. Sejak dari dulu keong dipercaya untuk mencegah penyakit kuning atau liver. Keong mas mengandung omega 3, 6 serta 9. Kandungan protein bisa mencapai 16-50%. Setiap 100 gram mengandung 16,1 gram protein, dan komposisi gizi lainnya

            Bagaimana dengan GS Chips? GS Chips merupakan produk kerupuk keong pertama yang diproduksi secara modern, halal, higienis dan bernutrisi serta dikemas secara menarik. Bahan baku keong dibudidayakan sendiri sehingga bahan baku utama variable cost selanjutnya hanya pada pakan keong. Menguntungkan kah? Dari hasil analisa keuangan yang telah saya lakukan bisnis ini cukup menguntungkan karena menghasilkan net cash flow positif setiap tahunnya. Bagaimana dengan BEP nya? Apakah cepat atau lama? BEP paling cepat bisa didapatkan dalam waktu 3 tahun namun bisa juga lama tergantung dari fix cost penggunaan mesin dan profit yang ingin anda dapatkan. Harga jual yang saya tawarkan adalah Rp 5000/50 gram dan Rp 10,000/100 gram kemasan. Analisa Keuangan lebih lanjut mengenai bisnis saya ini silahkan kontak saya.

Hubungi saya: +62877-845X-XXXX (Intan)

Terima Kasih telah membaca Executive Summary di atas, kritik dan saran akan sangat bermanfaat untuk saya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun