Mohon tunggu...
Sariyatul Fadhilah
Sariyatul Fadhilah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya seorang mahasiswa yang memiliki hobi yang berbeda-beda. Saya sangat suka memasak dan membuat kue. Selain itu, saya juga suka membaca novel, terutama novel-novel yang menggambarkan kehidupan manusia, kisah percintaan remaja, dan cerita-cerita lain yang menginspirasi. Saya juga senang menulis, baik itu cerita pendek, artikel maupun esai. Saya berharap dapat berbagi pengalaman dan pengetahuan saya melalui tulisan-tulisan di Kompasiana.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Stimulasi Perkembangan Psikososial Remaja dalam Menghadapi Emosi pada Kenakalan Remaja dan Tawuran : Peran guru dalam Proses Pencegahannya

22 Juli 2024   11:00 Diperbarui: 22 Juli 2024   11:01 36
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Masa remaja adalah masa dimana seorang manusia sedang berada dalam pencarian jati dirinya. Kenakalan remaja banyak sekali, antara lain: narkoba, pergaulan bebas, tawuran, dll. Kenakalan remaja adalah wujud dari konflik yang tidak terselesaikan dengan baik pada masa kanak-kanak maupun saat remaja. Remaja umur 16-24 tahun yang sedang nakal-nakalnya sering kali mengalami stimulasi emosi yang tidak seimbang. Mereka cenderung terpengaruh oleh media sosial yang menampilkan konten yang tidak sehat, yang dapat memicu emosi yang tidak terkendali dan menyebabkan perilaku yang merugikan.
Kenakalan remaja dan tawuran merupakan masalah serius yang dihadapi oleh remaja di berbagai tempat. Masalah ini sering kali disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kurangnya pemahaman tentang emosi dan kurangnya keterampilan dalam mengelolanya. Selain itu, kehidupan keluarga yang tidak harmonis, keadaan ekonomi orang tua yang buruk, dan kurangnya kasih sayang dari orang tua adalah semua faktor yang berkontribusi pada kenakalan remaja. Stimulasi perkembangan psikososial dapat membantu remaja dalam menghadapi emosi yang muncul dari kenakalan remaja dan tawuran.
Pendidikan emosi bagi remaja merupakan hal yang sangat penting dalam menghadapi tantangan emosi yang mereka hadapi. Remaja sering kali mengalami perubahan fisik dan mental yang cepat, yang dapat memicu emosi yang kuat. Tanpa stimulasi emosi yang tepat, remaja dapat mengalami kesulitan dalam mengelola emosi mereka, yang dapat berujung pada kenakalan remaja dan tawuran.
Emosi memainkan peran penting dalam kehidupan remaja. Emosi dapat mempengaruhi perilaku, keputusan, dan interaksi sosial mereka. Remaja yang tidak dapat mengelola emosi mereka dengan baik cenderung mengalami stres, depresi, dan gangguan perilaku. Mengelola emosi bagi remaja dapat menjadi tantangan besar. Remaja sering kali tidak memiliki keterampilan yang diperlukan untuk mengelola emosi mereka. Mereka cenderung mengalami emosi yang kuat dan sulit untuk diatur, yang dapat berujung pada perilaku yang tidak sehat.
Kenakalan remaja dapat dipicu oleh berbagai faktor, termasuk stres, kurangnya dukungan sosial, dan kurangnya keterampilan emosi. Remaja yang tidak dapat mengelola emosi mereka dengan baik cenderung mencari cara lain untuk mengatasi stres mereka, yang dapat berujung pada perilaku yang tidak sehat. Kenakalan remaja dan tawuran dapat memiliki dampak negatif yang signifikan terhadap remaja dan masyarakat. Dampak ini dapat meliputi stres, depresi, dan gangguan perilaku, serta kerugian ekonomi dan sosial. Oleh karena itu, perlunya pengawasan dan pencegahan yang dilakukan oleh guru.
Guru berperan penting dalam mengenal remaja dan memahami tantangan yang mereka hadapi. Guru harus mampu memahami emosi dan kebutuhan remaja, serta memberikan dukungan dan bimbingan yang tepat. Guru memiliki peran penting dalam proses pencegahan kenakalan remaja dan tawuran. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan guru dalam proses pencegahan ini:
1. Edukasi tentang Emosi: Guru dapat mengajar para remaja tentang emosi, yang dapat membantu mereka memahami dan mengelola emosi mereka dengan lebih baik. Mereka dapat memberikan pelajaran ini dengan berbagai cara, seperti latihan, diskusi, dan ceramah.
2. Pengembangan Keterampilan Emosional: Guru dapat membantu para remaja dalam mengembangkan keterampilan emosional, yang dapat mencakup mengelola emosi, berkomunikasi, dan menyelesaikan konflik. Guru dapat membantu para remaja dengan keterampilan ini dengan berbagai cara, seperti latihan, simulasi, dan diskusi.
3. Penggunaan Metode Interaktif: Guru dapat membantu remaja mengatasi emosi yang disebabkan oleh tawuran dan kenakalan remaja dengan menggunakan permainan, simulasi, dan latihan. Pembelajaran dapat dibuat lebih menarik dengan cara ini.
Untuk mencegah kenakalan remaja dan tawuran, stimulasi perkembangan psikososial dapat diterapkan sebagai berikut:
1. Evaluasi Awal: Guru dapat melakukan evaluasi awal tentang pengetahuan remaja tentang emosi dan cara mengelolanya. Evaluasi ini dapat membantu guru menentukan kebutuhan remaja dan membuat rencana pembelajaran yang lebih baik.
2. Pemberian Penjelasan: Guru dapat memberikan penjelasan kepada remaja tentang emosi dan cara mengelolanya. Penjelasan ini dapat membantu remaja memahami dan mengelola emosi mereka dengan lebih baik.
3. Latihan dan Stimulasi: Guru dapat membantu remaja meningkatkan keterampilan emosional mereka melalui latihan dan stimulasi, yang dapat mencakup berbagai aktivitas seperti bermain peran, simulasi, dan diskusi.
4. Diskusi dan Tanya-Jawab: Guru dapat berbicara dan bertanya kepada remaja tentang cara mengelola emosi dan mengelolanya. Diskusi seperti ini dapat membantu remaja mengungkapkan perasaan mereka dan menemukan solusi untuk masalah yang mereka hadapi.
Implementasi stimulasi perkembangan psikososial dapat membantu remaja menghadapi emosi yang muncul dari kenakalan remaja dan tawuran. Hasil dari implementasi ini dapat mencakup para remaja belajar lebih banyak tentang emosi dan cara mengelolanya, serta mereka dapat menjadi lebih baik dalam keterampilan emosional mereka.
Stimulasi perkembangan psikososial dapat membantu remaja mengatasi emosi yang terkait dengan tawuran dan kenakalan remaja. Peran guru sangat penting dalam proses pencegahan ini, dan mereka dapat membantu remaja dengan meningkatkan keterampilan emosional mereka melalui instruksi, latihan, dan diskusi. Dengan demikian, guru dapat dengan lebih baik membantu remaja menangani emosi yang muncul dari kenakalan remaja dan tawuran.

(Sariyatul Fadhilah (2300003029), mahasiswa prodi PBSI FKIP Universitas Ahmad Dahlan, Dosen Pengampu Dr. Riana Mashar S.Pi.,M.Si.,Psiko)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun