Lipur_Sarie
Lipur_Sarie Mohon Tunggu... Lainnya - Ibu rumah tangga yang mencintai alam

Indonesia adalah potongan surga yang dikirimkan Sang Pencipta untuk rakyatnya

Girpasang, Kampung Terisolir yang Kini Tengah Bersolek dan Memperlihatkan Kecantikannya

6 September 2024   10:50 Diperbarui: 6 September 2024   14:15 236
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Asal mula desa Girpasang

Girpasang adalah kampung terpencil dan terisolir yang berada di wilayah Kabupaten Klaten, Jawa Tengah berada pada radius 5 kilometer dari puncak Merapi dari sisi timur.  Secara geografis merupakan sebuah punggung bukit yang diisolasi oleh dua jurang di sisi sebelah barat dan timur. Jadi, sudah terbayangkan betapa sejuk, indah dan asrinya daerah ini.

Menurut penuturan Agusno (tokoh pemuda Girpasang) kepada Tribunjogja.com pada tanggal 16 Desember 2021, bahwa orang yang pertama tinggal di Girpasang bernama Ki Trunosono. Pada awalnya beliau tinggal di salah satu hutan di kawasan Merapi yang lokasinya tidak jauh dari gunung Bibi atau yang lebih dikenal dengan gunung Ijo.

Berdasar cerita yang diterima Agus dari leluhurnya, Ki Trunosono kemudian mendapat titah dari Sri Susuhunan, raja Kasunanan Surakarta Hadiningrat untuk tinggal dan membuka lahan baru di lereng Merapi.

Pada akhirnya beliau memilih punggung bukit yang menjadi cikal bakal Girpasang, hanya tidak diketahui tahun berapa persisnya. Sampai saat ini penduduk Girpasang kurang lebih berjumlah 34 jiwa yang terdiri dari 12 kepala keluarga (KK).

Rute Menuju Girpasang

Untuk menuju lokasi desa ini jika dari Klaten sekitar 36,5 kilometer dengan jarak tempuh sekitar satu (1) jam dengan berkendara. Jika dari alun-alun Klaten bisa dilakukan menuju pabrik gula Gondang Winangun kemudian belok kanan di pertigaan lampu merah. Lurus saja mengikuti jalan utama sampai mentok pertigaan pasar Basin, kemudian belok kanan lalu belok kiri sampai ke pertigaan pohon beringin.

Setelah jembatan, masuk jalan Basin-Karangnongko. Ikuti saja jalan utama sampai mentok di sebuah pertigaan, kemudian belok kiri sampai pertigaan SMPN 2 Karangnongko.

Setelah itu, ikuti saja jalan aspal lurus terus sampai bertemu pertigaan aspal jalan, kemudian belok kanan. Selanjutnya lurus terus ke arah utara maka perjalanan akan sampai di lokasi yang dituju. Namun, jika menggunakan google maps, ketika sudah sampai Klaten disetel saja menuju SMPN 2 Karangnongko.

Gb. 2 Menuju jembatan gantung (ft.pribadi)