SMK Eyzzul Moslem Bulu Gelar Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Angkat Tema Kearifan Lokal dan Suara Demokrasi
Oleh: Sarah Nadzira
SMK Eyzzul Moslem Bulu, Temanggung, menggelar kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sebagai bagian dari Kurikulum Merdeka. Kegiatan ini dilaksanakan pada 24-26 September 2024, dengan melibatkan seluruh siswa kelas X dan XI. Proyek ini bertujuan membentuk karakter siswa sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila yang mencakup nilai-nilai seperti beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkebinekaan global, gotong royong, kreatif, bernalar kritis, dan mandiri.
Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dari INISNU Temanggung juga turut berperan sebagai fasilitator dan pendamping kelompok dalam kegiatan ini. Tema yang diangkat kali ini adalah "Kearifan Lokal dan Suara Demokrasi," dengan fokus membentuk siswa yang mandiri, bernalar kritis, serta memiliki kepemimpinan yang kuat dan kolaboratif.
Pada acara penutupan, Kepala SMK Eyzzul Moslem, Bapak Anang Yuniyanto, mengungkapkan harapannya agar siswa mampu melestarikan kearifan lokal di tengah derasnya arus globalisasi. Selain itu, beliau juga menekankan pentingnya kesadaran siswa terhadap sistem demokrasi di Indonesia, sehingga kelak mereka dapat berpartisipasi aktif dalam berbagai pesta demokrasi, seperti Pemilihan Presiden dan Pemilihan Gubernur.
Dalam rangka mengaktualisasikan tema "Kearifan Lokal," siswa menampilkan pertunjukan tari dalam bentuk mini flash mob. Sementara itu, tema "Suara Demokrasi" direalisasikan melalui partisipasi seluruh siswa kelas X dan XI dalam Pemilihan Ketua OSIS (PILKETOS), sebagai simulasi demokrasi yang mendidik.
Melalui kegiatan ini, SMK Eyzzul Moslem berkomitmen tidak hanya untuk mendidik siswa secara akademik, tetapi juga untuk menanamkan nilai-nilai luhur yang relevan dengan tantangan global saat ini.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H