Apa itu leadership? Leadership adalah kemampuan seseorang atau kelompok untuk mempengaruhi dan memimpin orang lain menuju tujuan bersama. Untuk menjadi seorang pemimpin, kita harus memiliki banyak keterampilan, seperti percaya diri, komunikasi yang kuat, berpikir kreatif, dan kemampuan membuat keputusan yang sulit. Pada kesempatan kali ini saya akan mengajak teman-teman untuk belajar lebih dalam lagi tentang leadership dari materi yang saya dapatkan pada webinar pada tanggal 06 juli 2024, yang dilaksanakan melalui zoom. Narasumber pada webinar ini adalah ibu Ibu Dewi Laily Purnamasari, S.T.,M.M. Dosen Universitas Catur Insan Cendekia dan Kak Aninditya Santiko W, S.M.,MBA. Selaku direktur utama PT. Cakra Insan Aishwarya. Seminar ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Manajemen UCIC, yang bertema skill upgrading: “self leadership as building blocks for a positive organizational culture”.
Acara ini dimulai oleh ibu dewi laily purnamasari, S,T., M.M. Beliau memberi materi tentang etika kepemimpinan yaitu Baku moral yang memberikan batas yang kentara antara yang "baik" dan "buruk", serta menjadi pedoman pemimpin pada pengambilan keputusan, lalu ada prinsip kepemimpinanan yaitu:
•Loyalitas
•Integritas
•Kejujuran
•Peduli
•Menghormati
•Keadilan
Selanjutnya ada materi dari kak Aninditya Santiko Wibowo, S.M.,MBA. Beliau memberikan materi tentang “meningkatkan kemampuan untuk membentuk budaya organisasi yang positif” menurut kak aninditya santiko definisi leadership adalah proses memimpin diri sendiri untuk mencapai tujuan melalui tindakan proaktif dan sikap yang positif. Ada beberapa komponen utama nya yaitu:
•Self-awareness (kesadaran diri)
Memahami kekuatan, kelemahan, nilai, dan tujuan pribadi.
•Self-regulation (pengaturan diri)
Mengendalikan emosi dan perilaku untik tetap fokus pada tujuan.
•Self-motivation (motivasi diri)
Menggerakan diri sendiri untuk tetap bersemangat dan termotivasi.
Lalu pentingnya self leadership bagi individu adalah sebagai berikut:
•Meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pekerjaan.
•Membantu pengembangan karir dan pencapaian tujuan pribadi.
Self leadership juga bermanfaat bagi organisasi diantaranya yaitu sebagai sebagai berikut:
•Membentuk budaya kerja proaktif dan inovatif.
•Meningkatkan produktivitas dan kepuasan kerja anggota.
Berikutnya ada skill upgrading untuk self leadership ada kerampilan dan metode pengembangan nya, yang ada dibawah ini
Keterampilan yang diperlukan:
•Komunikasi
Kemampuan untuk menyampaikan ide dan dan feedback dengan jelas
•Time Management
Mengelola waktu dan prioritas dengan efektif
•Decision making
Kemampuan membuat keputusan yang tepat dan cepat
Metode pengembangan keterampilan:
•Pelatihan
Mengikuti kursus dan workshop
•Mentoring
Mendapatkan bimbingan dari mentor berpengalaman
•Pengalaman praktis
Melibatkan diri dalam proyek dan tugas menantang
Pengaruh self leadership
Self leadership meningkatkan inisiatif dan tanggung jawan individu, yang berkontribusi pada lingkungan kerja yang kolaboratif
Contoh budaya organisasi positif
Lingkungan yang mendukung inovasi, di mana anggota merasa diberdayakan untuk mengambil keputusan dan berkontribusi secara aktif
Dalam materi ini beliau juga menyampaikan bagaimana cara mengukur keberhasilan yaitu
Indikator keberhasilan:
•Kinerja individu dan tim
•Keterlibatan dan kepuasan anggota
•Retensi dan turnover anggota
•Inovasi dan kreativitas
•Komunikasi dan kolaborasi
Alat ukur dan Metode evaluasi
•Survei keterlibatan anggota
•Penilaian 360-degree feedback
•KPI (key performance indicators)
•Survei kepuasan kerja
•Analisis keluar masuk anggota
Materi terakhir yang beliau sampaikan adalah tantangan dan solusi self leadership yaitu sebagai berikut
Tantangan umum:
•Kurangnya kesadaran diri
•Kebiasaan negatif dan resistensj terhadap perubahan
•Kurangnya motivasi internal
•Manajemen waktu yang buruk
•Keterbatasan sumber daya dan dukungan
•Feedback yang tidak konstruktif
•Tekanan dan stres
Solusi untuk mengatasi tantangan:
•Meningkatkan kesadaran diri melalui pelatihan dan penilaian diri
•Mengatasi kebiasaan negatif dengan mentoring dan pendekatan
•Meningkatkan motivasi internal dengan penetapan tujuan dan penghargaan
•Manajemen waktu yang efektif pelatihan prioritisasi tugas
•Meningkatkan akses ke sumber daya dan dukungan
•Meningkatkan kualitas feedback dengan pelatihan dan budaya feedback terbuka
•Mengelola tekanan dan stress dengan program kesejahteraan anggota
Itulah materi self leadership yang sangat bermanfaat dari ibu dewi dan kak aninditya.