Mohon tunggu...
Eko Gondo Saputro
Eko Gondo Saputro Mohon Tunggu... Dosen - Dosen

Menjadikan menulis sebagai salah satu coping mechanism terbaik✨

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Artikel Utama

Tren Kritik ala "Food Vlogger" dan Dampaknya pada Bisnis F&B

21 Maret 2024   21:56 Diperbarui: 22 Maret 2024   04:02 1550
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ketika berbicara soal kuliner, rasanya tidak akan pernah ada bosannya untuk dibahas. Berbagai macam tren kuliner kekinian yang hadir dan terus mengalami perkembangan secara terus-menerus menjadikannya sebuah topik hangat yang selalu menyenangkan untuk dibicarakan.

Terlebih lagi Indonesia merupakan negara dengan ribuan atau bahkan lebih jenis kuliner nusantara yang tersebar di berbagai wilayah. Masyarakat yang semakin kreatif juga membuat persebaran jenis kuliner ini menjadi beraneka-ragam rupa dan rasanya dengan tujuan agar dapat terus mengikuti tren dan selera masyarakat masa kini.

Maka tidak mengherankan jika bisnis kuliner atau yang dikenal dengan istilah Food and Beverages (F&B) ini masih menjadi sektor bisnis yang mendominasi tren bisnis di Indonesia. Ini menunjukkan bahwa keterarikan masyarakat terhadap bisnis kuliner dapat dikatakan sangat tinggi hingga dapat melihat sebuah value ekonomi di dalamnya.

Terdapat ribuan bisnis F&B yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia. Kurang lebih 70% diantaranya masih di dimoniasi oleh restoran atau rumah makan dan sisanya adalah usaha katering dan usaha-usaha lainnya.

Sumber: Statistik Penyedia Makan Minum/BPS
Sumber: Statistik Penyedia Makan Minum/BPS

Laporan Statistik Penyedia Makanan Minuman yang diterbitkan oleh BPS menunjukkan bahwa bisnis F&B di Indonesia selama 5 tahun (2018-2022) terlihat fluktuatif namun terlihat memiliki kecenderungan untuk mengalami peningkatan. 

Fluktuasi yang terlihat jelas juga dapat dilihat pada periode 2019-2021 yaitu terjadi penurunan hampir 30% akibat dari pandemi Covid-19.

Tetapi angka tersebut mengalami peningkatan di tahun 2022 dan menunjukkan bahwa iklim bisnis usaha F&B di Indonesia yang mulai membaik seriiring  dengan selesainya masa pandemi. 

Dan saat ini, bisnis F&B di Indonesia terlihat mengalami pertumbuhan yang berarti, yang ditandai dengan kemunculan berbagai macam jenis usaha yang bergerak di bidang tersebut.

Beberapa waktu lalu Indonesia cukup dihebohkan dengan adanya konten kritik dari seorang "food vlogger" atau mungkin saat ini lebih banyak dikenal dengan istilah "influencer" yang mengusung tema konten review jujur yang dilakukan pada berbagai jenis usaha F&B yang ada di Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun