Mohon tunggu...
Sany Saroh
Sany Saroh Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Menumbuhkan Produktivitas melalui ADUIN

2 April 2018   05:41 Diperbarui: 2 April 2018   05:59 277
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

ADUIN merupakan singkatan dari Advertising UIN Sunan Kalijaga yang tidak lain disebut sebagai Advertising Festival. Merupakan acara rutin yang di selenggarakan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi yang melibatkan seluruh mahasiswa khususnya bidang peminatan Advertising dalam skala nasional. 

Melalui kegiatan ADUIN sendiri berusaha untuk memperkenalkan Advertising UIN kepada masyarakat umum, dan juga sebagai wadah bagi para mahasiswa dalam meningkatkan kemampuannnya di bidang Advertising. 

Pada tahun yang ke-5 ini, ADUIN Festival mengusung tema "RE-KREASI", tema ini diambil dari fakta bahwasanya kurangnya produktivitas anak muda karena kurangnya referensi, kurangnya untuk merespon lingkungan sekitar dan selalu terjebak dalam zona nyaman. 

Untuk mempromosikan adanya ADUIN Festival sendiri, para panitia melakukan roadshow ke berbagai universitas dalam 5 kota besar yang ada yaitu dimulai di Kota Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, dan Malang. Di kota Semarang sendiri Roadshow dilakukan di 2 universitas yaitu Universitas Diponegoro dan Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Pada hari Kamis tanggal 8 Maret 2018, sebanyak 8 orang rombongan panitia dari ADUIN tiba di Universitas Diponegoro sekitar pukul 9 pagi. Disana para panitia disambut dengan hangat oleh HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) dan juga oleh para mahasiswa. 

Roadshow di Universitas Diponegoro sendiri kurang lebih diikuti oleh 10 orang perwakilan dari mahasiswa Ilmu Komunikasi, dan selama sesi roadshow dapat terlihat mahasiswanya itu ramah, juga aktif bertaya tentang ADUIN Festival.

Pukul 2 siang, Roadshow kemudian berlanjut di Universitas Islam Sultan Agung Semarang yang diikuti kurang lebih oleh 15 orang dari mahasiswa Ilmu Komunikasi. Selama Roadshow sendiri para panitia menjelaskan tentang tema dari ADUIN sendiri, kemudian menjelaskan rangkaian acara, menjelaskan brief, dan tidak lupa menjelaskan tentang apa keuntungannya setelah menjadi finalis.

"Dari Roadshow ini kita tentunya berusaha mengenalkan event ADUIN itu sendiri, selain itu kita juga juga bisa menyambung silaturahmi ke teman-teman mahasiswa Ilmu Komunikasi yang ada di Universitas lain", ucap salah satu panitia yang ikut dalam Roadshow di kota Semarang yaitu Alif Arfaryano, selaku Creative Director dalam ADUIN Festival.

ADUIN Festival yang sudah dimulai pada tanggal 1 Maret -- 6 April ini terdapat tiga macam kompetisi lomba yaitu Print Ad merupakan Kompetisi Iklan Cetak Layanan Masyarakat, TVC yang merupakan Kompetisi Film Iklan Layanan Masyarakat, dan Digital Activation merupakan Kompetisi Ide Kreatif Manfatkan Media Digital. 

Kemudian puncak dari acara ADUIN Festival sendiri mengadakan Creative Seminar ber-tema kan 'Break The Limits' dengan pembicara Agus Mulyadi (Penulis, Redaktur Mojok.co) dan Erix Soekamti (Content Creator, Founder of Does University) yang berlangsung pada tanggal 24 April 2018 bertempat di Convention Hall UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun