Inovasi teknologi mempengaruhi banyak elemen kehidupan zaman sekarang yang membentuk kebiasaan-kebiasaan baru. Kebiasaan yang terbentuk oleh masyarakat ini hadir dengan pola yang berbeda dari kebiasaan-kebiasaan sebelum maraknya inovasi teknologi zaman sekarang.
Salah satu kebiasaan yang paling terlihat adalah perpindahan masyarakat secara berbondong-bondong dari yang semula berbelanja secara konvensional menjadi serba online. Melalui situs e-commerce, konsumen tidak harus datang langsung ke toko untuk membeli produk. Konsumen bisa menjelajah semua jenis produk hanya dengan bermodalkan kuota internet. Hal inilah yang menjadi faktor utama perubahan pola konsumen.
Hal ini diimbangi dengan adanya fitur pembayaran digital. Kolaborasi dua hal ini semakin membuat konsumen memilih bertransaksi secara online. Konsumen lebih memilih pembayaran secara digital karena dinilai lebih aman dan efisien, ditambah banyak promo yang tersedia yang mana ini tidak didapatkan saat bertransaksi secara konvensional.
Setiap perubahan pastinya terdapat dampak positif dan dampak negatif. Dampak negatif dari perubahan pola konsumen ini adalah dengan ketergantungan pada inovasi teknologi ini menjadikan rentan terhadap kejahatan siber dan juga keamanan data pribadi konsumen.
Dalam hal ini, konsumen diharapkan untuk selalu berhati hati saat bertransaksi lewat e-commerce untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H