Mohon tunggu...
Maria SusantiMuwa
Maria SusantiMuwa Mohon Tunggu... Guru - Hallo, salam kenal ,Saya seorang mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan S1 PGSD di Universitas Pamulang

Hallo, salam kenal, Saya seorang mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan S1 PGSD di Universitas Pamulang

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Permasalahan Berbicara Siswa SD Yang Kurang Baik

30 Desember 2024   22:35 Diperbarui: 30 Desember 2024   22:22 43
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Permasalahan Berbicara Siswa SD yang Kurang Baik

Berbicara adalah salah satu keterampilan komunikasi yang penting, baik dalam konteks akademik maupun sosial. Di tingkat Sekolah Dasar (SD), kemampuan berbicara yang baik sangat diperlukan untuk membantu siswa mengungkapkan ide, pendapat, serta berinteraksi dengan teman dan guru. Namun, banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam berbicara dengan baik. Berikut adalah beberapa permasalahan yang sering dihadapi oleh siswa SD terkait dengan keterampilan berbicara:

  1. Kurangnya Keterampilan Berbicara yang JelasBanyak siswa yang berbicara dengan suara yang tidak jelas atau terlalu pelan. Hal ini bisa disebabkan oleh kurangnya latihan berbicara dengan percaya diri, serta kurangnya pemahaman tentang pentingnya artikulasi yang baik. Siswa juga sering kali terburu-buru dalam berbicara sehingga kalimat yang mereka ucapkan terdengar terbata-bata dan sulit dipahami.

  2. Penggunaan Bahasa yang Tidak SesuaiSiswa sering kali menggunakan bahasa yang tidak sesuai dengan konteks. Misalnya, mereka mungkin menggunakan bahasa yang tidak sopan, atau kata-kata yang tidak tepat untuk situasi formal seperti di dalam kelas. Hal ini dapat mempengaruhi komunikasi yang efektif antara siswa dan guru serta siswa dengan teman sekelasnya.

  3. Kurangnya Penguasaan KosakataSalah satu tantangan yang dihadapi siswa adalah terbatasnya kosakata yang mereka kuasai. Tanpa kosakata yang cukup, siswa akan kesulitan untuk mengungkapkan ide atau pendapat mereka dengan baik. Mereka mungkin juga cenderung menggunakan kata-kata yang sama berulang kali, yang membuat pembicaraan terasa monoton.

  4. Ketakutan atau Rasa Malu Saat BerbicaraBanyak siswa yang merasa cemas atau takut berbicara di depan kelas. Perasaan malu atau takut diejek oleh teman-teman sering menghambat mereka untuk berbicara dengan lancar dan percaya diri. Ketakutan ini sering kali disebabkan oleh pengalaman buruk sebelumnya atau kurangnya dukungan dari lingkungan sekitar.

  5. Kurangnya Pemahaman Tentang Etika BerbicaraSelain keterampilan berbicara, siswa juga perlu memahami etika berbicara, seperti berbicara bergiliran, mendengarkan dengan baik, dan tidak mengganggu orang lain saat berbicara. Kurangnya pemahaman tentang etika berbicara ini bisa menyebabkan ketidakharmonisan dalam interaksi sosial, baik di kelas maupun di luar kelas.

  6. Pengaruh Lingkungan yang Tidak MendukungLingkungan di rumah dan sekitar sekolah juga berperan penting dalam perkembangan keterampilan berbicara siswa. Jika lingkungan sekitar siswa tidak mendukung mereka untuk berbicara dengan baik, misalnya jarang mengadakan percakapan atau mendengarkan siswa berbicara, hal ini bisa mempengaruhi kemampuan berbicara mereka.

Solusi untuk Mengatasi Permasalahan

Untuk mengatasi permasalahan berbicara pada siswa SD, beberapa langkah yang bisa dilakukan antara lain:

  • Latihan Teratur: Melakukan latihan berbicara di depan teman atau keluarga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan keterampilan berbicara siswa.
  • Peningkatan Kosakata: Guru dan orang tua dapat membantu siswa untuk memperkaya kosakata mereka melalui membaca buku atau mendengarkan cerita.
  • Menciptakan Lingkungan yang Mendukung: Lingkungan yang mendukung, baik di rumah maupun di sekolah, akan membantu siswa merasa nyaman dan lebih percaya diri dalam berbicara.
  • Pembelajaran Etika Berbicara: Mengajarkan etika berbicara yang baik, seperti berbicara dengan sopan, mendengarkan dengan baik, dan menghargai pendapat orang lain.
  • Mengurangi Rasa Takut dan Malu: Menciptakan suasana yang mendukung di dalam kelas, di mana siswa merasa aman untuk berbicara tanpa takut diejek atau dihukum, sangat penting.

Dengan upaya-upaya tersebut, diharapkan keterampilan berbicara siswa SD bisa berkembang dengan baik, yang akan berpengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi mereka di masa depan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun