Mohon tunggu...
Ade Kamilah
Ade Kamilah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Menempuh Kuliah Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Retorika Dakwah: Faktor-Faktor Keberhasilan Seorang Dai

3 Juni 2024   16:45 Diperbarui: 3 Juni 2024   16:59 62
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Komunikasi merupakan kunci mutlak keberhasilan seorang dai. Keberhasilan dakwah juga meliputi banyak segi seperti teknologi, pendekatan yang akurat, metode, dan strategi dalam dakwah.

Walau begitu, secara praksis, pengembangan dan gaya bahasa retorika dalam berdakwah amatlah penting. Bagaimana pesan kebaikan dan hukum Islam di sampaikan dengan arif nan bijaksana.

Maka itu, penyampaian dakwah dengan lisan maupun tulisan haruslah terus dikembangkan dengan bahasa retorika dakwah.

Pertama, bersandar pada bahasa yang baik atau baku. Bahasa baku adalah bahasa yang terstandar benar dan sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Walaupun tidak semua harus baku, penggunaan bahasa yang baik umum digunakan sebagai forum resmi.

Selain bahasa baku, selingan bahasa asing dan daerah dapat digunakan sesekali untuk menyampaikan sesuatu dengan baik dan memberikan keyakinan pendengar. Bahasa atau istilah gaul juga umum digunakan agar audiens merasa dekat. Candaan atau guyonan juga dapat menjadi ice breaking mad'u.

Kedua, informasi haruslah berbasis data. Fakta adalah data yang belum diolah. Fakta juga berdasar apa yang ditangkap oleh penglihatan, pendengaran, perasaan. Ada, nyata, dan bisa dirasakan.

Berbasis data juga berarti menggunakan fakta faktual yang terverifikasi secara saksama.

Ketiga, dakwah berbasis riset. Dengan mengumpulkan data, menganalisis, dan berkesimpulan. Data umum bisa dikutip seperti jumlah penduduk, pendidikan, pendapatan perkapita, dan lain-lain.

Hematnya, pengembangan bahasa retorika adalah hal mutlak keberhasilan dakwah yang dibangun dengan faktor-faktor keberhasilannya, yaitu: pemanfaatan teknologi, pendekatan yang akurat, metode, serta strategi dakwah.*

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun