Mohon tunggu...
Santi Lisnawati
Santi Lisnawati Mohon Tunggu... Administrasi - Ibu rumah tangga, dosen. Boleh berbagi tentang pendidikan

Berbagi apa yg boleh dibagi, di rumah jadi ibu rumah tangga, di kampus jadi dosen, di jalan jadi pengembara, dijalani untuk dapat terus berbagi..

Selanjutnya

Tutup

Healthy Artikel Utama

Mau Sehat ya Mampir di Kompasiana

18 April 2015   06:09 Diperbarui: 17 Juni 2015   07:57 38
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Saya kira setiap orang mau sehat. Tentu perlu kerja keras untuk senantiasa melatih agar jiwa dan raga sehat walafiat. Karena sehat itu tidak melulu fisik yang fit dan bugar, tetapi juga memiliki jiwa, mental yang sehat.

Kita sering mendengar kata ‘sehat walafiat’, kata ini sebenarnya memiliki makna yang dalam, bukan makna sehat secara lahir tetapi juga memiliki makna secara bathin. Maksudnya begini, jika mata kita itu sehat, artinya juga mata ini berfungsi untuk digunakan pada hal-hal yang positif.terdapat keberfungsian positif dalam kata sehat walafiat.

Lalu apa maksudnya mau sehat, mampir di kompasiana. Beberapa yang suka saya baca banyak tulisan yang mengajak kita untuk tetap sehat yang ditulis para kompasioner.

Mau bacaan yang membuat sehat secara mental, memiliki semangat dan terinsiprasi untuk lebih bekerja keras, banyak juga ditulis temen-teman. Tetapi saya sering temui lewat tulisan Om Tjiptadinata Effendi, beberapa waktu lalu banyak tulisan di kanal kejiwaan. http://www.kompasiana.com/tjiptadinataeffendi21may43

butuh refreshing untuk menghilangkan kejenuhan dan bisa ketawa sendiri kalau baca, dan lupa kalau sedang mumet, nah itu saya suka baca tulisan Pakde Kartono. Pekerjaan yang sudah terlewat waktu kadang membuat suntuk, berjam-jam menghadapi laptop untuk menuliskan tugas akhir. Sesekali melongok kompasiana, dan liihat tulisan Pakde pagi ini, bener membuat tersenyum dan tertawa sendiri, asal gak kelewat bagus-bagus aja kan. Senyum melenturkan banyak jaringan otot muka, jangan-jangan bisa awet muda ya yang baca tulisn Pakde. http://muda.kompasiana.com/2015/04/17/gua-mah-gitu-orangnya-nyebelin-tapi-ngangenin-738836.html

Meski baru bermula dalam wacana, atau memenuhi ruang pikir untuk menuju sehat, maka saya kira perlu juga untuk segera perlahan dipraktekkan. Mulai dengan menjaga tubuh tetap sehat. (colek Mbak Ellen Maringka). Tulisan terakhir menyegarkan kembali ingatan saya,dua tahun setelah melahirkan ini, saya merasa berangsur dapat menurunkan berat badan. Meski belum kembali seperti semula, tetap saya bersyukur dan senang. Tentu tidak boleh berhenti, sepanjang hidup. Kerja keras dan disiplin untuk mengatur pola hidup yang sehat, dengan menjaga makan dan olahraga.

(http://kesehatan.kompasiana.com/makanan/2015/03/02/cara-nyaman-aman-dan-sehat-tetap-langsing-setelah-punya-anak-709714.html).

Kalau tulisan saya sendiri,akhir-akhir ini sedang banyak menasehati diri sendiri. Saya kadang membaca isi pesan dalam Quran dan saya mengambilnya untuk diri sendiri.Tujuannya tetap agar membuat lahir dan bathin tetap sehat.

Mengambil sisi positif dari banyak hal, membuat hidup makin ringan tanpa beban. Bisa saja orang lain tidak setuju dengan apa yang saya tulis, saya kira itu hal wajar. Hidup adalah bagaimana kita sendiri yang menentukannya.

Salam, kompasiana

18.04.15 # 05:47. Bogor

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun