Mohon tunggu...
Santi Faujiah
Santi Faujiah Mohon Tunggu... Guru - i'm an educator and a writer

An educator and a writer

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Viral di Tiktok: Keluhan Pelayanan Buruk Rumah Sakit Otista Kabupaten Bandung

24 Januari 2024   19:13 Diperbarui: 24 Januari 2024   21:11 876
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

 

Dunia maya kembali dihebohkan oleh keluhan seorang pengguna TikTok, @chareesa30, yang menceritakan pengalamannya di Rumah Sakit Otista, Soreang, Kabupaten Bandung. Cerita tersebut mendapatkan respon yang signifikan dari netizen, menciptakan diskusi tentang kualitas pelayanan rumah sakit ini. Suara netizen yang terbagi menjadi kritik dan pujian menciptakan tanda tanya besar.

sumber gambar: Akun tiktok @chareesa30
sumber gambar: Akun tiktok @chareesa30

First Impression yang Menyedot Perhatian:

Dalam postingan awalnya, pemilik akun dengan akun @chareesa30 menceritakan pengalamannya berobat di  Rumah Sakit Otista Kabupaten Bandung. Beliau sudah mengalami masalah kesehatan selama 2 hari, termasuk BAB air dan muntah-muntah, sehingga memutuskan untuk rawat inap di rumah sakit tersebut dengan pertimbangan jarak rumah sakit yang dekat dari rumah. Namun, pengalaman pertama ketika pendaftaran mengundang perhatian.

sumber gambar: Akun tiktok @chareesa30
sumber gambar: Akun tiktok @chareesa30

Kesulitan Saat Mendaftar:

Saat akan mendaftar, pemilik akun dihadapkan pada pertanyaan apakah akan mendaftar umum atau menggunakan BPJS dari petugas. Hal ini diikuti dengan pertanyaan mengenai surat rujukan, yang membuatnya agak heran karena pengalaman sebelumnya, di rumah sakit lain tidak melibatkan pertanyaan-pertanyaan tersebut. Meskipun mengira ini sebagai SOP rumah sakit pemerintah, pemilik akun mengungkapkan keheranannya. Petugas kemudian menyarankan untuk berobat ke puskesmas atau klinik terdekat karena tidak ada surat rujukan, meninggalkan pasien (pemilik akun) tanpa penjelasan lebih lanjut.

sumber gambar: Akun tiktok @chareesa30
sumber gambar: Akun tiktok @chareesa30

Pencarian Solusi dan Tantangan Selanjutnya:

Orang tua pasien (pemilik akun) sebenarnya menyarankan mencari rumah sakit lain, namun karena kondisi lemah, pasien tetap bertahan di rumah sakit tersebut. Pemilik akun kemudian mencari pusat informasi dan akhirnya diarahkan ke poli dalam, membayar tanpa menggunakan BPJS. Proses pendaftaran diikuti dengan menyerahkan berkas dan menunggu panggilan pemeriksaan, namun kondisi lantai penuh dengan pasien yang terpaksa duduk di lantai karena keterbatasan kursi tunggu di rumah sakit tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun