Mohon tunggu...
Santi
Santi Mohon Tunggu... Dosen - Santi

Dosen Tetap Prodi Manajemen STIE BISMA LEPISI Tangerang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Serta Jasa Pengiriman Paket Bagi Penjualan Online pada Saat Pademi Covid 19

22 Desember 2020   10:12 Diperbarui: 22 Desember 2020   10:21 961
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://www.kargomurah.co.id/

Penulis:

Santi

Dosen Program Studi Manajemen STIE BISMA LEPISI Tangerang.

Totok Sugiharto

Dosen Tamu di Program Doktor Ilmu Ekonomi, Konsentrasi Manajemen Jasa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Trisakti Jakarta.

Jasa pengiriman barang yang terjadi beberapa dekade yang lalu dengan saat ini sangat berubah drastis, pada era industri 4.0 pada saat ini sangatlah terasa berbeda jauh dan sangat signifikan. 

Dengan perkembangan teknologi transportasi yang sangat pesat, terutama dengan teknologi informasi dan komunikasi. Jasa pengiriman saat ini sangatlah berbeda seperti jasa pengiriman yang lama masih menggunakan pena dan kertas pada mode operasinya dan saat ini dengan menggunakan dokumen dan sekarang sudah menggunakan teknologi digital/cangih untuk operasional dalam jasa pengirimannya.

Salah satu jasa pengiriman barang saat ini dengan menggunakan aplikasi yang disebut dengan " Sistem Tracking Real Time", yang memudahkan pihak-pihak yang terkait(seperti seller, reseller hingga konsumen dalam kegiatannya e-commerce) fasilitas ini dapat memantau keberadaan paket yang dikirim hingga mendapatkan estimasi waktu tiba ditujuan sesuai dengan target yang diberikan (kompasiana.com/fadlyandipa/sejarah-jasa-pengiriman-barang-masa-kuno-hingga-era-industri-4-0). 

Jasa pengiriman saat ini sangatlah berperan penting dalam aktivitas masyarakat, terlebih dengan berkembangnya teknologi internet proses jual beli dalam e-commerce bisa menjadi lebih mudah, dan jarak pun tak menjadi masalah. Sesuai dengan himbauan pemerintah agar masyarakat mengurangi beraktivitas di luar rumah, dengan adanya jasa pengiriman barang/makanan yang tersedia di e-commerce saat ini sangatlah membantu bagi masyarakat semuanya.

Jasa pengiriman yang terjadi pada saat ini sangat meningkat, jasa pengiriman saling berlomba-lomba menghadirkan promosi-promosi yang mereka berikan, pelayanan-pelayan yang dibutuhkan sesuai dengan yang di ingini, dan lain-lain sehingga konsumen puas. 

Pada saat ini hampir semua kebutuhan bisa dibeli secara online, baik lewat marketplace atau dengan menggunakan e-commerce, di antara marketplace dan e-commerce dalam pembelanjaan mereka memberikan promo dan diskon yang sangat mengiurkan para konsumen seperti halnya pada saat Harbonas pada tanggal 12-12-2020 yang lalu diskon yang diberikan hingga mencapai lebih dari 50% dari harga jual. Dengan semakin berkembangnya e-commerce semakin menguntungkan bari para pihak jasa pengiriman. Jasa  pengiriman yang berkembang untuk penjualan online yang ada saat ini diantaranya:

  • Pos Indonesia: Jasa pengiriman paket, barang dagangan online, surat dan dokumen yang meliputi : Q9, Qcomm, Pos Express, Kilat Khusus, Express Mail Service (EMS) untuk kiriman ke Luar Negeri)) ;
  • JNE: Jasa pengiriman JNE diantaranya: digital payment, friendly logistic, dan sebagainya (cashback, diskon ongkos kirim, dll yang diharapkan aktivitas jual-beli online).
  • J&T Express: Jasa pengiriman J&T diantaranya: Clodeo layanan Cash On Delivery/COD (pembayaran ditempat). Pengiriman dengan cara COD (Cash On Delivery lebih mudah dipercaya karena pembeli baru akan membayar ketika barang sudah sampai dan diterima dengan baik. pembayaran dapat dilakukan dengan bank transfer atau dengan cara COD (Cash On Delivery).
  • SiCepat Ekspress: Jasa pengiriman SiCepat diantaranya: siuntung, best, gokil, halu, COD, sicepat Syariah, helo, sicepat Go, dan sicepat Klik.
  • TIKI (Titipan Kilat): Jasa pengiriman TIKI diantaranya: sds (same day service) kiriman tiba dihari yang sama, tds (two days service) kiriman tiba dalam dua hari, eco (economy service) kiriman dengan hemat ongkir, ons (over night service) kiriman hari ini esok tiba, reg (regular service) kiriman estimasi tiba dlaam 3-4 hari, trc (trucking service) kiriman dengan berat min. 10kg.  

    HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
    Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun