Sabtu 5 Mei 2018, Xiaomi Indonesia mengadakan sebuah acara bertajuk "MIPOP" yang dilaksanakan di Hotel The Crowne Plaza, Jakarta. Dilandasi rasa penasaran seperti apa acara dimaksud, dalam kesempatan ini Penulis beruntung dapat ikutserta (dari 350 orang) dimana sebelumnya turut mendaftarkan diri melalui forum Mi Community.
Hari Sabtu sebagaimana aktivitas perkantoran umumnya pada libur, perjalanan menuju lokasi acara tak menemui kendala. Penulis hadir 15 menit sebelum waktu yang dijadwalkan yaitu jam 13.00.Â
Sesampainya disana, nampak beberapa peserta MIPOP sedang mengantri untuk proses registrasi. Setelah proses registrasi selesai dan menerima kaos serta goody bag (berisikan hand clap, sticker Mifans, kalung name tag Mifans, dan pin MIPOP), peserta kemudian diperintahkan oleh panitia acara untuk mengganti pakaian dengan kaos yang telah diberikan dan memasang sticker nama pribadi pada kaos.
Keriuhan pun tak terhindarkan seperti mengingatkan Penulis ketika acara launching produk ponsel terbaru Xiaomi. Lokasi tempat kami menunggu sambil mencicipi hidangan yang disediakan sebelum acara berlangsung nampak sesak dipenuhi peserta, sampai-sampai pendingin ruangan hotel tak lagi terasa.
Fokus acara MIPOP yang memakan waktu kurang lebih 1,5 jam lebih kepada "seseruan" tanpa kejelasan maksud dan tujuan. Peserta yang datang hanya disuguhkan dua performance dari Mifans yang masing membawakan sebuah tembang lagu, beberapa selingan games, dan selebihnya lucky draw bagi-bagi hadiah dari ear phone, powerbank, sampai pada grand prize Redmi Note 5.
Tak sama sekali Penulis menikmati acara berlangsung, keriuhan para Mifans dalam hall sangat over bahkan sulit berkomunikasi dengan Mifans yang duduk disebelah. Dan mungkin yang Penulis sedikit miris, ada beberapa Mifans yang kurang elok menempatkan diri dan seperti menjadikan MIPOP acara kurang berkelas dimana prilaku dan gaya bahasa keseharian dibawa-bawa.
Apabila MIPOP hanya berfokus kepada lucky draw bagi-bagi hadiah saja, maka menurut pandangan Penulis  mungkin momentum tersebut lebih rutin diadakan pada forum Mifans Community maupun media sosial yang Xiaomi Indonesia kelola sebagai upaya Xiaomi menjalin komunikasi berkesinambungan dengan para Mifans maupun konsumen.