Mohon tunggu...
Susan Marian
Susan Marian Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Tertarik dengan dunia kuliner

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Peran Influencer Dalam Strategi Marketing Sebuah Brand

6 Februari 2023   01:05 Diperbarui: 6 Februari 2023   01:11 1507
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Para influencer saat ini memegang peran penting dalam meningkatkan strategi pemasaran digital. Mereka dapat membantu perusahaan untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan mempromosikan produk atau layanan mereka dengan cara yang alami dan efektif. Influencer dapat menggunakan platform media sosial untuk menunjukkan bagaimana produk atau layanan tersebut bisa memenuhi kebutuhan atau menyelesaikan masalah bagi audiens mereka. Ini adalah cara yang efektif untuk membangun kepercayaan dan meningkatkan minat pada produk tersebut.

Sebagai contoh, influencer dapat menggunakan Instagram untuk memposting foto atau video mereka menggunakan produk atau layanan, atau menceritakan pengalaman mereka melalui insta story. Ini memberikan pandangan pribadi dan alami pada produk atau layanan tersebut, kemudian terbangunlah emosi dan minat daripada audiens. Influencer juga dapat mengadakan giveaway atau kompetisi untuk mempromosikan produk atau layanan, guna meningkatkan partisipasi dan membantu untuk memperluas jangkauan pemasaran. Dengan demikian, peran influencer dalam strategi pemasaran digital sangat penting dan dapat membantu perusahaan mencapai tujuan bisnis mereka.

Peran influencer dalam meningkatkan strategi pemasaran digital juga dinilai sangat efektif. Berikut beberapa peran yang dimainkan oleh influencer dalam meningkatkan strategi pemasaran digital:

  • Jangkauan audiens yang lebih luas: Influencer memiliki audiens yang loyal dan setia, yang membantu perusahaan untuk menjangkau audiens baru yang mungkin tidak terlihat oleh perusahaan melalui media tradisional.
  • Brand Awareness: Influencer dapat membantu perusahaan mempromosikan merek mereka dan meningkatkan kesadaran merek dengan cara yang alami dan efektif.
  • Konversi: Influencer dapat membantu perusahaan mengubah audiens mereka menjadi pelanggan dengan mempromosikan produk atau layanan dan membantu untuk membangun kepercayaan dan minat.
  • Umpan balik pelanggan: Influencer dapat memberikan umpan balik pelanggan dan mengidentifikasi tren pasar, membantu perusahaan untuk menyesuaikan strategi pemasaran mereka.
  • Content Creation: Influencer dapat membantu perusahaan membuat konten yang berkualitas dan menarik bagi audiens mereka, yang dapat digunakan untuk mempromosikan produk atau layanan.

Dengan memahami peran influencer dalam meningkatkan strategi pemasaran digital, perusahaan dapat mengoptimalkan kehadiran influencer mereka dan mencapai tujuan bisnis mereka.

Seorang influencer akan memberikan informasi yang informatif tentang apa saja kelebihan suatu produk atau jasa kepada konsumen melalui sebuah konten yang dikemas secara aesthetic dan informatif sehingga konsumen tertarik. Beberapa hal yang diperhatikan dalam memilih influencer,yaitu:

  • Lakukan riset Anda. Jika Anda sudah memiliki satu atau lebih kandidat, langkah pertama adalah melakukan riset terhadap kandidat tersebut. Cari tahu terlebih dulu kontennya seperti apa, berapa banyak followersnya, engagement rate, seberapa populernya, apakah belakangan ini ada berita negatif tentangnya, dll.
  • Periksa riwayat pengaruh. Tahap kedua ini sebenarnya masih bagian dari penelitian. Cari informasi tentang semua brand/perusahaan/produk yang sudah bermitra dengan influencer tersebut.
  • Pertimbangkan orisinalitas pemberi pengaruh. Cobalah untuk memeriksa keaslian pengikut influencer pilihan Anda untuk mengtahui apakah followers aktif atau pasif dalam mendukung marketing.
  • Sesuaikan anggaran. Anggaran termasuk bagian penting dari tips memilih influencer yang tepat untuk strategi pemasaran. Layaknya semua yang Anda persiapkan saat pemasaran, memilih influencer perlu dianggarkan. Jadi jangan hanya mengandalkan kepopuleran influencer saja, tetapi usahakan biaya Kerjasama tidak melebihi budget iklan.
  • Sesuai dengan target pasar perusahaan Agar promosi bisnis mendapatkan hasil yang maksimal, perlu mencocokkan target pasar Anda dengan pengikut influencer. Misalnya target audiens Anda adalah anak muda berusia 20-27 tahun, maka Anda bisa memilih influencer dari kelompok usia yang sama karena followers mereka biasanya seumuran.
  • Sesuai skala promosi produk Jika bisnis Anda baru dimulai dan ruang lingkupnya kecil, anggaran Anda juga kecil, sehingga ruang lingkup iklan Anda akan lebih kecil lagi, jadi lebih cocok untuk influencer termurah. Namun jika bisnis Anda sudah besar atau Anda adalah pemilik bisnis baru yang berani mengeluarkan modal besar, tidak ada salahnya melakukan iklan berskala besar dengan memilih top influencer.
  • Harus memiliki reputasi yang baik Ingatlah untuk memilih sosial yang memiliki citra positif di masyarakat. Jika Anda memutuskan sebaliknya, itu juga dapat mempengaruhi merek perusahaan Anda.
  • Intensitas update konten yang baik ntuk mengetahui intensitas update konten para influencer tersebut, Anda harus mengikuti media sosial mereka dengan baik selama beberapa waktu. Coba perhatikan seberapa sering atau jarang dia memposting.Misalnya, jika Anda ingin mempromosikan produk Anda dalam cerita Instagram dan influencer membuat terlalu banyak cerita dalam satu hari, kemungkinan besar produk Anda tidak menarik perhatian audiens.
  • Siapkan perjanjian kerjasama dengan baik Tidak peduli seberapa kecil bisnis Anda, selesaikan pekerjaan.

Jadi secara keseluruhan, influencer memegang peran yang sangat penting dalam meningkatkan strategi pemasaran digital. Dengan jangkauan audiens yang luas dan kemampuan untuk mempromosikan produk atau layanan dengan cara yang alami dan efektif, influencer dapat membantu perusahaan mencapai tujuan bisnis mereka.

Dengan mengintegrasikan influencer dalam strategi pemasaran digital mereka, perusahaan dapat memperluas jangkauan mereka, membangun brand awareness dan meningkatkan konversi. Oleh karena itu, peran influencer dalam meningkatkan strategi pemasaran digital sangat penting dan tidak boleh diabaikan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun