Mohon tunggu...
Alamsyah
Alamsyah Mohon Tunggu... Jurnalis - Jurnalis & Content Writer

Lisan Terbang, Tulisan Menetap

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

"Impoten"ment

11 Februari 2021   13:33 Diperbarui: 11 Februari 2021   13:54 133
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Maaf. Dulu, sewaktu saya masih bekerja di pabrik infotainment, saya bangga bukan kepalang. Karena di masa itu program ini jadi raja dan ratu di semua stasiun TV (kecuali TV News) nasional.

Saat meliput pun kebanggaan itu menjadi-jadi, sebab banyak selebriti yang 'kepengen' banget disorot sama teman-teman kameramen.

Saking 'kepengen', tak sedikit artis-artis itu rela membayar ongkos lelah kru infotainment, biar hasil liputan si artis benar-benar dinaikan di TV penayang.

Fenomena itu berlangsung di kisaran tahun 2000 sampai mendekati 2017. Karena setelah masa itu, satu per satu program infotainment rontok, gugur, layu, mati suri, hidup segan mati tak mau dan ambigu.

Saya sendiri, juga sebagian kawan kena imbasnya, dirumahkan!

Bahkan pabrik infotainment raksasa yang bermarkas di Kawasan Meruya, Jakarta Barat, sudah tak banyak lagi memproduksi program ini. Saat ini yang tersisa hanya program Halo Selebriti di SCTV dan KISS di Indosiar (stasiun TV satu induk). Itu juga jam tayangnya sudah tak tiap hari lagi, karena ada pemangkasan dari Bos TV.

Pabrik infotainment raksasa lain pun menghadapi persoalan yang sama. Termasuk untuk pabrik infotainment yang juga memproduksi !nsert Pagi Trans TV serta produk infotainment lainnya, ikut terpapar seperti terkena pandemi Covid-19.

Regulasi serta harga jual infotainment dari pabrik-pabrik tersebut oleh TV penayang, boleh jadi penyebab rontoknya program ini. Konon karena harga terlalu tinggi, TV tak mampu lagi membeli paketan infotainment dari sejumlah PH.

Sekarang ini TV memaksimalkan SDM serta peralatan siaran mereka untuk membuat infotainment sendiri.

Fenomena baru yakni, tergerusnya infotainment oleh tayangan-tayangan yang dicomot dari konten video. Konten video Youtube paling banyak di samping ada lagi platform lain seperti TikTok.

Bahkan saat ini TV mulai menggeser Infotainment dengan tayangan yang diambil dari chanel-chanel Youtube selebriti. Karena selebriti saat ini sudah banyak yang membuat channel Youtube sendiri. Menariknya, chanel para artis itu banyak dikunjungi viewer sehingga mereka mendapat uang dari situ.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun