Mohon tunggu...
Sandi Iswahyudi
Sandi Iswahyudi Mohon Tunggu... Blogger, freelance writer dan reporter -

Blogger, freelance writer dan reporter. Blog personal di http://sandiiswahyudi.com.

Selanjutnya

Tutup

Money

12 Tips Dan Trik Membangun Bisnis Online Bagi Pemula

21 Oktober 2016   13:30 Diperbarui: 21 Oktober 2016   22:53 117
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Lama tak menulis di Kompasiana. Kali ini saya ingin berbagi tentang bisnis online. Di mana dunia ini sekitar tiga bulanan baru saya terjuni.

Saya tahu tentang dunia ini, saat teman facebooksaya share penghasilan dia berbisnis online. Awalnya saya tidak terlalu tertarik. Beberapa hari kemudian saya timbang-timbang lagi, tidak ada salahnya untuk mencoba. Saya pikir mumpung masih muda, jadi misal rugi tidak terlalu berat resikonya. Beda kalau udah nikah. Apalagi saya tahu fakta jika orang Indonesia, suka belanja online, pengguna internet termasuk besar, dan penduduknya salah satu yang terbesar di dunia.

Pikir saya, wah kesempatan nih. Coba ah.. Alhamdulillah hingga hari ini saya sudah dapatkan manfaatnya. Insya Allah dua bulan kemarin saya dapat keuntungan bersih 3 juta. Maka di tulisan ini saya ingin berbagi tentang 12 tips dan trik membangun bisnis online bagi pemula. Harapannya dari tulisan sederhana yang lahir dari pengalaman sendiri ini, bisa menginspirasi-bermanfaat bagi pembaca.

  • Apa tujuan Anda terjun di bisnis online

Tips pertama yang penting dan mendasar, adalah kita tahu apa tujuan untuk melangkah/memilih suatu keputusan. Semakin tahu tentang tujuan kita. Kita akan mudah untuk melangkah, melewati ringtangan, dan mencapainya.

Namun jika, kita tidak memiliki tujuan, tentu tak akan pernah mencapai apa yang kita inginkan.

  • Pilih produk yang pasar suka

Sudah jadi rahasia umum, kalau kita jualan harus sesuai sama keinginan pasar. Anda bisa melihat tren pasar seperti apa, bisa mempelajari di marketplace: Tokopedia, Bukalapak, dll.

Biasanya kalau kita masuk, pasti di halaman depan, akan ditunjukkan barang-barang yang banyak diminati-dibeli pembeli.

Tapi jika Anda ingin menciptakan tren sendiri juga bisa. Tapi kata mentor saya, itu membutuhkan modal besar.

  • Jual produk sendiri, jadi reseller/dropship

Sekarang banyak pilihan, Anda bisa jadi reseller, dropship atau produk sendiri. Saran saya jika Anda ingin segera action,supaya merasakan enaknya dunia bisnis online hingga auranya.

Anda bisa jadi reseller/dropship. Anda jadi gak fokus ke produk, cuma fokus ke branding toko Anda dan pemasarannya saja.

  • Upload produk ke banyak marketplace

Marketplace di Indonesia banyak, saran saya, jangan hanya jualan di satu marketplace saja. tapi jualan saja di banyak marketplace. Karena kita tidak tahu ditempat mana, produk kita akan dibeli.

  • Lakukan optimasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun