Apakah Anda saat ini masih belum atau tidak bangga pada produk Indonesia? Apakah Anda saat ini masih pesimis akan masa depan Indonesia? Atau mungkin dengan beragam stereotip Anda terhadap negeri ini.
Anda harus segera buang pemikiran seperti di atas. Jika tidak, Indonesia pasti tidak akan berkembang dan maju. Cara pertama paling mudah, datanglah segera ke Pameran Produksi Indonesia (PPI) 2015 di Grand City Convention dan Exhibition Hall Surabaya, yang berlangsung sampai besok, 9 Agustus 2015.
Anda akan menemukan banyak sekali bukti kalau Indonesia itu bisa dan mampu menjadi negara maju. Sebab di pameran kali ini ada 14 kategori peserta yang ikut: kerajinan dan perhiasan; kosmetik dan herbal; tas, kulit dan alas kaki; furnitur; garmen, tekstil, dan tenun, Balai Kementerian Perindustrian, elektronika dan telematika; industri aneka; alat transportasi dan pendukung; makanan; minuman; alat mesin pertanian, alat kesehatan, dan permesinan; alat rumah tangga dan bangunan; serta anjungan produk unggulan.
Â
Produk lokal garut merambah pasar internasional
Walaupun dari namanya cangkang kerang, namun aslinya, produk ini bukan terbuat dari cangkang kerang yang keras itu. Melainkan dari campuran tepung tapioka dan juga tepung terigu yang diracik dengan bumbu dan rempah alami. Saat saya mencicipi produk ini, renyah dan enak. Bukan seperti namanya kerang yang keras itu.
Tas semen kualitas dunia
Di produk tentang fashion ada tas dari limbah bungkus semen, namanya Hey Strartic, terdapat di stand 53. Di sini mereka membuat tas dari kertas semen yang telah jadi limbah dan tak terpakai menjadi abrang mahal dan dihargai pasar global. Serta ada tas juga dari limbah kopi yang dikombinasikan dengan bahan lainnya. Hasilnya luar biasa? Mereka mendapatkan banyak penghargaan dan diakui oleh dunia global.
Ini kopi yang beda dan Indonesia asli
Kopi ini juga sudah mendapatkan berbagai penghargaan, salah satunya di Kanada, yaitu sebagai produk inovasi Sial Canada 2015. Kemudian dalam hal keamanan pangannya, juga sudah tersertifikasi baik nasional hingga internasional, yaitu Halal dari MUI, GMP, HACCP, ISO 22000, ISO 9001, dan FDA. Kopi ini juga sudah masuk pasar Eropa.
Terus Anda kenal yang mana?
Terus pertanyaannya sekarang, baik bagi saya/diri Anda sendiri. Sudahkah Anda mengenal produk-produk di atas? Sudahkah Anda menggunakan bahkan mempromosikan ke yang lainnya? Atau jangan-jangan kita masih pesimis akan produk-produk asli Indonesia?
Namun yang jelas, jangan sampai kita tidak menghargai produk sendiri yang telah mengglobal. Selain itu, kalau bukan kita yang menghargai diri sendiri, terus siapa lagi? Kita mau minta dihargai oleh siapa?
Beri Komentar
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!